Salin Artikel

Timprov Amin Jatim Nilai Debat Perdana Bisa Naikkan Elektabilitas

Hal itu diungkapkan Kapten Timprov Amin Jatim, Thoriqul Haq, usai menggelar nonton bareng di kantor DPW PKB, di Jalan Gayungsari, Gayungan, Surabaya, Selasa (13/12/2023).

"saya optimistis tren terhadap survei (elektabilitas) akan terus naik," kata Thoriq, kepada wartawan, di kantor DPW PKB Jatim.

Thoriq mengatakan, selama debat dengan capres lainya, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, Anies terlihat bisa menyampaikan secara tegas persoalan yang akan dihadapi ke depan.

"Sederhananya bicara soal siapa yang lebih konkrit untuk komitmen tergadap korupsi. Pak Anies menyampaikan dengan tegas, beberapa tahapannya juga disampaikan secara tegas," jelasnya.

Selanjutnya, politisi PKB itu menyebut, masyarakat bisa menilai sendiri bagaimana capres lainya. Terutama respon mereka dalam menjawab pertanyaan dari panelis, selama debat berlangsung.

"Saya optimistis materi debat pada malam hari ini menjadi persepsi baru bagi masyarakat, yang sekian waktu mungkin mendapatkan gambaranya hanya sepotong, nah sekarang utuhnya," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, jajak pendapat Litbang Kompas Desember 2023 menunjukkan elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di urutan pertama.

Berdasarkan survei yang berlangsung pada 29 November-4 Desember 2023 itu, Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas 39,3 persen.

“Pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden,” tulis peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan, dikutip dari Harian Kompas, Senin (11/12/2023).

Ia mengungkapkan, Prabowo-Gibran unggul baik di pemilih perkotaan maupun perdesaan, serta laki-laki dan perempuan.

“Suara untuk Prabowo-Gibran juga lebih tinggi pada hampir semua kelompok pemeluk agama,” tulis Bambang.

Sementara itu, elektabilitas capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ada di angka 16,7 persen.

Kemudian, tingkat elektoral capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tercatat 15,3 persen.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/13/074308678/timprov-amin-jatim-nilai-debat-perdana-bisa-naikkan-elektabilitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke