Salin Artikel

Kendala Biaya Sebabkan Potongan Payudara Sempat Disimpan di Rumah lalu Dibuang

Kapolsek Benowo AKP Nurdianto Eko Wartono mengatakan, pihaknya telah meminta keterangan pemilik potongan payudara tersebut, MLA, warga Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pasien kanker salah satu rumah sakit di Kecamatan Benowo tersebut, mengakui telah meminta suaminya membuang organ itu setelah menyimpan di tempat tinggalnya di kawasan Manukan.

"Iya benar (sempat disimpan dua hari di rumah), sesuai pemeriksaan saksi," kata Nurdianto, ketika dikonfirmasi melalui pesan, Senin (11/12/2023).

Nurdianto menyebut, pihak rumah sakit sempat meminta agar potongan bagian payudara itu diperiksa ke laboratorium. Namun, suami pasien menolak karena tak memiliki biaya.

"Dengan hasil (operasi) ini harus dicek laboratorium lagi. Tapi kendala faktor ekonomi, terus mereka daripada (diperiksa) ini mending dibuang," jelasnya.

Selain itu, pasien juga mengaku tidak mengetahui terkait larangan membuang medis di sembarang lokasi. Oleh karena itu, suaminya menenggelamkan potongan payudara itu ke rawa.

"Saya tuangkan hasil pemeriksaan seperti itu, motifnya karena ketidaktahuan dari pemilik organ sama ketidakmampuan faktor ekonomi. Terpenting ini enggak ada unsur pidana," ucapnya.

Nurdianto belum merespon terkait pemilihan lokasi pembuangan sebagian payudara tersebut. Namun, berjanji bakal menjelaskan perihal itu lebih rinci saat konfrensi pers.

"Besok (Selasa, 12/12/2023), rencananya kami rilis," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa itu bermula ketika MLA dilarikan ke rumah sakit di Kecamatan Benowo, Jumat (1/12/2023). Perempuan tersebut menjalani rawat inap hingga Senin (4/12/2023).

Kemudian, pasien tersebut melakukan operasi pengangkatan payudara pada Sabtu (2/12/2023). Pihak rumah sakit menyarankan agar hasilnya dilakukan proses penelitian di laboratorium.

Akan tetapi, pasien dan suaminya sepakat membawa payudara tersebut pulang ke rumahnya. Mereka beralasan tidak memiliki biaya lagi untuk melakukan pemeriksaan laboratorium.

Selanjutnya, suami MLA membuang potongan organ tersebut ke Adventure Land Romokalisari. Dia membungkusnya dengan kain dan plastik, serta dimasukkan ke dalam tas.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/11/114756778/kendala-biaya-sebabkan-potongan-payudara-sempat-disimpan-di-rumah-lalu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke