Salin Artikel

Hendak Shalat Dzuhur, Seorang Pria di Kota Malang Temukan Bayi Laki-laki di Depan Rumah

Bayi tersebut dalam kondisi hidup dan ditemukan pertama kali oleh Bambang Suprio.

Pria 61 tahun ini pertama kali mengetahui adanya bayi tersebut saat sedang jalan kaki menuju ke masjid pukul 11.10 WIB.

Saat ditemukan, bayi tersebut tertutup kain selimut bermotif bunga yang dikira pakaian jemuran jatuh. Bayi laki-laki itu memakai pakaian warna biru putih serta tali pusarnya masih menempel.

"Saat itu, saya posisi lagi jalan mau shalat dzuhur. Pas lewat rumahnya Pak Juin, kok seperti mencurigakan, ada kain selimut bermotif bunga di depan pagar. Saya kira itu jemuran warga jatuh," kata Bambang pada Senin (4/12/2023).

Kondisi rumah penemuan bayi itu kosong dan seluruh penghuninya sedang umrah. Kemudian, Bambang berinisiatif mendekati kain itu dan didapati bayi tersebut.

"Selain itu, di dekat penemuan bayi juga ditemukan tas warna hitam. Saat dibuka, berisi popok, kasa, obat luka, dan satu stel pakaian bayi," katanya.

Selanjutnya, Bambang melapor ke ketua RT setempat. Kemudian, laporan tersebut diteruskan ke pihak kepolisian serta kelurahan.

Beberapa waktu kemudian, petugas Polsek Blimbing didampingi pihak kelurahan dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB Kota Malang) Kota Malang tiba di lokasi dan langsung mengecek kondisi bayi.

Kasi Trantib Kelurahan Polehan, Subaidi mengatakan, bayi tersebut dalam kondisi sehat. Usia bayi itu diperkirakan baru 5 hari.

Kemudian, pihak Dinsos-P3AP2KB Kota Malang membawa bayi tersebut ke RS Saiful Anwar (RSSA) Malang untuk dicek secara lengkap kesehatannya.

"Kondisi bayi sehat dan tidak rewel. Saat dicek, tidak ada luka sama sekali di tubuh bayi," katanya.

Di sisi lain, kejadian tersebut juga dalam penyelidikan Unit Reskrim Polsek Blimbing.

"Kejadian ini dilaporkan dan diteruskan ke Unit Reskrim Polsek Blimbing, selanjutnya dilakukan penyelidikan untuk mencari tahu siapa pelaku pembuang bayi tersebut," kata Bhabinkamtibmas Kelurahan Polehan, Aiptu Harijanto.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/04/155448678/hendak-shalat-dzuhur-seorang-pria-di-kota-malang-temukan-bayi-laki-laki-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke