Salin Artikel

Wali Kota Surabaya Jenguk 2 Petugas Satpol PP yang Dianiaya

Eri Cahyadi datang bersama istrinya, Rini Indriyani Eri Cahyadi, yang juga Ketua TP PKK Surabaya, serta Kepala Satpol PP Kota Surabaya M. Fikser.

Rombongan ini pertama kali menjenguk AM yang tinggal di Jalan Banyu Urip Lor gang 3B No. 11. Kemudian, mereka melanjutkan ke rumah TA yang berada di Jalan Krembangan Bakti 29A.

Kedua petugas Satpol PP itu mengalami luka-luka akibat dianiaya oleh sekelompok orang yang diduga adalah buruh PT. XYZ, Kamis (30/11/2023) lalu.

Eri Cahyadi mengatakan, kedatangannya ke rumah kedua petugas Satpol PP itu untuk memberikan dukungan moral dan semangat agar mereka cepat pulih.

Ia juga mengapresiasi kinerja mereka yang telah menjalankan tugas dengan baik dan membantu masyarakat.

"Terimakasih atas dedikasi dan pengabdian kalian. Kalian menjadi contoh bagi seluruh jajaran Pemkot Surabaya."

"Kalian telah menjalankan amar ma’ruf nahi mungkar dan membantu orang lain."

"Selama kalian tidak melanggar syariat agama dan aturan Negara, maka lakukanlah pekerjaan itu dengan keberanian, ketegasan dan keikhlasan," ujar Eri Cahyadi.

Ia juga menyerahkan sepenuhnya kepada kedua petugas Satpol PP itu untuk menentukan langkah hukum selanjutnya terkait kasus penganiayaan yang menimpa mereka.

Eri mengaku menghormati hak mereka sebagai korban untuk melaporkan atau menarik laporan atas pelaku.

"Ini negara hukum yang harus taat hukum. Tapi, jika ada yang meminta maaf, sebagai manusia dan sebagai umat Nabi Muhammad, kita harus memberikan maaf juga," kata Eri.

Ia menambahkan, kasus ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk saling menghargai dan tidak saling menyakiti.

Ia berharap, tidak ada lagi kejadian serupa yang terulang di masa depan.

"Kita harus bisa menghargai orang lain, ketika melaksanakan sesuatu tidak boleh melukai dan menyakiti orang lain. Kita harus bisa hidup rukun dan damai," tutur dia.

Eri Cahyadi juga berjanji akan memberikan penghargaan khusus kepada kedua petugas Satpol PP itu dalam apel besar yang akan digelar nanti.

Ia ingin mengajak seluruh jajaran Pemkot Surabaya, baik secara daring maupun luring, untuk memberikan apresiasi dan penghormatan kepada mereka.

"Ayo kita bekerja menggunakan hati, ayo bekerja supaya bermanfaat bagi umat manusia lainnya, bekerja dengan ikhlas dan tidak boleh takut dalam menghadapi apapun."

"Ketika kita yakin bahwa Gusti Allah bersama kita, maka Gusti Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita dan keluarga kita," ujar dia.

Senang

Sementara itu, TA, salah satu petugas Satpol PP yang dijenguk, mengaku senang dan bangga bisa mendapat perhatian dari Wali Kota Surabaya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Eri Cahyadi dan Rini Indriyani yang telah menyempatkan diri untuk menjenguknya.

"Tidak pernah menyangka sebegitu perhatiannya beliau kepada saya dan teman saya yang mengalami penganiayaan ketika bertugas di lapangan." ungkapnya.

Ia juga mengatakan, sebagai umat Nabi Muhammad, ia sudah memaafkan pelaku penganiayaan. Namun, ia tetap ingin proses hukumnya berjalan sesuai aturan yang berlaku.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/03/194855078/wali-kota-surabaya-jenguk-2-petugas-satpol-pp-yang-dianiaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke