Salin Artikel

Mahfud MD: Bagi Saya Mau Berdebat Ayo, Tidak Berdebat Juga Ayo

Mahfud mengaku tak mempersoalkan ada tidaknya debat khusus cawapres. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut juga enggan menanggapi lebih jauh terkait perubahan format tersebut. 

“Itu urusan KPU yang mengatur. Bagi saya mau berdebat ayo, tidak berdebat juga ayo,” kata Mahfud MD, usai berziarah ke makam pendiri NU KH. Wahab Chasbullah, di Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (2/12/2023).

Debat Pilpres 2024 yang diadakan sebanyak lima kali ini, menggunakan format dengan dihadiri oleh capres-cawapres. Berbeda dengan Pilpres 2019, format debat kali ini tak ada secara khusus menampilkan cawapres.

Sebelumnya, KPU mengungkap alasan mengubah format debat capres-cawapres yang berbeda dari Pilpres 2019.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan bahwa ketentuan itu diterapkan supaya pemilih dapat melihat sejauh mana kerja sama masing-masing capres-cawapres.

"Sehingga, kemudian supaya publik makin yakin lah teamwork (kerja sama) antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," kata Hasyim kepada wartawan, Kamis (30/11/2023).

Sebab, debat khusus capres dan cawapres merupakan regulasi yang diatur langsung oleh Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) melalui Pasal 277.

Dalam pedoman teknis yang dibuat KPU, yaitu Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023, lembaga penyelenggara pemilu itu juga mengatur bahwa debat capres-cawapres dihadiri capres dan cawapres.

"Jadi, kalau ada isu-isu di luaran bahwa tidak ada debat kampanye, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden di masa kampanye, saya pikir itu bisa misinformasi dan bahkan bisa mengarah disinformasi," kata Idham, Jumat (1/12/2023).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/02/180201078/mahfud-md-bagi-saya-mau-berdebat-ayo-tidak-berdebat-juga-ayo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke