Salin Artikel

Kunjungi Jombang, Mahfud MD Ziarah ke Makam Gus Dur dan Pendiri NU

Safari politik Mahfud ke Jombang, diawali dengan ziarah ke makam KH. Wahab Chasbullah, di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.

Pantauan Kompas.com, kedatangan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu disambut beberapa kiai dari jajaran pengasuh Pesantren Bahrul Ulum. Di antaranya  KH. Abdul Latif Malik, KH. Abdul Wahab atau Gus Wahab, serta KH. Roqib Wahab Yahya atau Gus Roqib.

Saat berziarah ke makam tokoh pendiri NU tersebut, Mahfud juga disambut simpatisan dari Barikade Gus Dur serta massa dari Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK).

Di kompleks makam Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Mahfud tampa memanjatkan doa dan tahlil. Kemudian dilanjutkan dengan menaburkan bunga di pusara makam Kiai Wahab Chasbullah.

Mahfud MD mengatakan, kunjungannya ke Jombang, difokuskan untuk berziarah ke makam pendiri NU, salah satunya ke makam Kiai Wahab Chasbullah.

Kiai Wahab, ungkap dia, merupakan tokoh yang memiliki jasa tak ternilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Khususnya dalam meningkatkan patriotisme dan nasionalisme.

Dijelaskan Mahfud, ungkapan hubbul wathon minal iman atau cinta tanah air bagian dari iman dicetuskan oleh kiai Wahab yang kemudian menjadi inspirasi banyak kalangan.

“Itu sangat terkenal di Indonesia dan (ungkapan hubbul wathon minal iman) ini lahir dari Kiai Wahab Chasbullah, maka saya berziarah ke sini,” ujar dia.

Setelah ziarah ke makam Kiai Wahab Chasbullah, Mahfud MD melakukan ziarah ke makam Gus Dur dan KH. Hasyim Asy’ari, di Pesantren Tebuireng.

Di Tebuireng, Mahfud memanjatkan doa dan tahlil dipimpin pengasuh Pesantren Tebuireng KH. Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin.

Mahfud juga melakukan tabur bunga di makam Gus Dur, pusara makam Kiai Hasyim Asy’ari, serta makam pahlawan nasional sekaligus ayah Gus Dur, KH. Wahid Hasyim.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/02/170727978/kunjungi-jombang-mahfud-md-ziarah-ke-makam-gus-dur-dan-pendiri-nu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke