Salin Artikel

Wali Kota Surabaya Minta Penganiaya 2 Satpol PP saat Buruh Demo Segera Ditangkap

Eri mengatakan, pihaknya telah melaporkan kasus penganiayaan kepada dua petugas Satpol PP tersebut ke Polrestabes Surabaya. Dia pun meminta agar peristiwa itu mendapat perhatian.

"Laporan ke polisi sudah. Saya juga sampaikan kepada Pak Kapolrestabes, mohon dan meminta untuk menjadi atensi," kata Eri, usai shalat Jumat di Masjid Al Muhajirin, Jumat (1/12/2023).

Menurut Eri, penganiayaan tersebut merupakan tindakan yang keterlaluan. Sebab, anggota Satpol PP ketika itu tengah membantu warga di tengah kerumunan buruh yang tengah demo.

"Karena ini sudah perbuatan yang kebangetan. Bagaimana caranya, pelaku harus ditangkap, karena ini preseden buruk untuk Kota Surabaya," jelasnya.

Eri mengaku sudah mendapatkan informasi terkait identitas dan wajah para pelaku penganiayaan tersebut. Dengan demikian, proses pengejaran bisa berjalan cepat.

"Pastinya (pelaku) luar Surabaya, ini lagi dikejar sampai ke rumahnya, pokoknya saya minta ditangkap. Karena ini tidak bagus juga buat pendidikan Surabaya kalau modelnya kayak begini," ujar dia.

Politisi PDI Perjuangan (PDI-P) tersebut sebenarnya membebaskan adanya aksi demonstrasi. Akan tetapi, massa tetap diimbau menyampaikan aspirasi secara santun.

"Sebenarnya silahkan demo, tapi gunakan cara santun, jangan bertindak seperti itu. Karena kami memberikan contoh kepada masyarakat," ucapnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Hendro Sukmono mengatakan, pihak Satpol PP telah melaporkan kasus tersebut ke SPKT, Kamis, malam.

"Pelapor adalah atasan para korban, dari Sub Koordinator Operasional (Satpol PP Surabaya). Terkait bersama-sama melakukan penganiayaan, cara memukul dengan tangan kosong dan menendang," kata Hendro.

Saat ini, kata Hendro, aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kasus penganiayaan tersebut. Mereka juga tengah mengejar para pelaku pengeroyokan di Jalan Ahmad Yani itu.

"Tindakan yang sudah dilakukan, meminta keterangan korban dan saksi-saksi, olah TKP (tempat kejadian perkara), dan mengumpulkan alat bukti," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar video seorang pria mengenakan kaos berwarna hitam, dengan penutup kepala merah, tampak menendang seorang yang mengenakan seragam Satpol PP Surabaya.

Pria tersebut diduga merupakan salah satu peserta demo buruh terkait kenaikan UMK di Surabaya. Aksi kekerasan itu dilakukan di sekitar Jalan Ahmad Yani.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/01/174407278/wali-kota-surabaya-minta-penganiaya-2-satpol-pp-saat-buruh-demo-segera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke