Salin Artikel

Ungkap Pesan Terakhir Eddy Rumpoko, Istri: Bapak Bilang Habis Ini Aku Pulang ke Kota Batu

Menurut Dewanti, Eddy sempat mengaku ingin pulang ke Kota Batu. Untuk diketahui Eddy tengah menjalani hukuman penjara di Lapas Kelas I Semarang, Jawa Tengah.

"Enggak, bapak guyon (bercanda) habis ini aku mau pulang ke Batu, saya mikir bapak ini halu tapi ternyata memang pulang ke Batu," kata Dewanti saat ditemui usai pemakaman di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (30/11/2023).

Awal mula sakit

Dewanti juga menceritakan awal mula suaminya sakit sampai meninggal dunia.

"Beberapa hari yang lalu bapak diare, salah makan mungkin, terus sampai hampir dehidrasi, akhirnya dirujuk ke rumah sakit, baru semalam saya nungguin yang akhirnya ternyata jalannya," kata Dewanti.

Menurutnya, sambal pada bubur ayam yang dimakan oleh almarhum diduga menjadi pemicu.

"Katanya pesan bubur ayam, beli lima sama teman-temannya, terus yang dua enggak pakai sambal, yang tiga pakai sambal, yang tiga ini kena diare semua, tapi yang dua karena masih muda, bapak yang agak parah," katanya.

Sebagai istri, Dewanti mengaku sudah ikhlas menerima kepergian suaminya.

"Alhamdulillah, Bapak rasanya sudah ya ikhlas menerima, saya pun begitu," katanya.

Meninggal dunia

Eddy Rumpoko meninggal dunia, Kamis (30/11/2023) sekitar pukul 05.30 WIB di Rumah Sakit dr Kariadi Semarang. Jenazah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kota Batu.

Almarhum merupakan anak dari pasangan Brigjen TNI (Purn) Sugiyono dan Egnie Rumambe Sugiyono. Eddy meninggalkan satu orang istri, yakni Dewanti Rumpoko. Selain itu, juga meninggalkan dua orang anak yakni Dinasty Rumpoko dan Ganis Rumpoko.

Almarhum merupakan mantan Wali Kota Batu selama dua periode, yaitu dari tahun 2007-2017. Pada periode pertama yakni 2007-2012, Eddy berpasangan dengan Wakil Wali Kota Batu, Budiono. Pada periode kedua tahun 2012-2017, Eddy maju kembali berpasangan dengan Punjul Santoso.

Pada periode kedua menjabat, Eddy sempat tersandung kasus suap pada September 2017, dan dijatuhi hukuman 5,5 tahun penjara.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/30/165808478/ungkap-pesan-terakhir-eddy-rumpoko-istri-bapak-bilang-habis-ini-aku-pulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke