Salin Artikel

Gardu Listrik PLN di Bangkalan Meledak

Kebakaran itu menyebabkan gardu listrik meledak.

Percikan api

Sehri, salah satu warga Desa Keleyan mengatakan, sebelum terjadi ledakan, sempat muncul percikan api yang membakar sejumlah kabel. 

Beberapa saat kemudian, kabel yang terbakar kemudian merembet ke area gardu listrik hingga menyebabkan ledakan. 

"Ada percikan api kemudian disusul ledakan. Kami warga desa terkejut karena belum pernah ada kejadian seperti itu," ujar Sehri. 

Warga kemudian melaporkan hal itu ke kantor pemadam kebakaran. Sebelum petugas Damkar tiba di lokasi, petugas PLN memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

"Jaraknya kantor Damkar ke lokasi lumayan jauh sehingga petugas PLN lebih awal tiba di lokasi menggunakan Apar," kata Kepala Seksi Penyelamatan dan Pemadaman Satpol-PP Kabupaten Bangkalan, Ortis Iskandar.

Iskandar menambahkan, petugas Damkar masih tetap di lokasi kebakaran bersama dengan petugas PLN untuk melakukan perbaikan.

"Karena kejadiannya malam sekaligus antisipasi kejadian serupa, petugas Damkar tidak boleh pulang sebelum perbaikan gardu dan kabel selesai," ungkapnya. 

Berdasarkan keterangan petugas PLN kepada Iskandar, penyebab kebakaran dan ledakan tersebut karena adanya gangguan pada jaringan listrik Penerangan Jalan Umum (PJU) di dekat gardu listrik. 

Akibat peristiwa tersebut, listrik di Kecamatan Socah mati total. 

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/29/213746378/gardu-listrik-pln-di-bangkalan-meledak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke