Salin Artikel

Besok, Ribuan Buruh Akan Demo di Kantor Gubernur Jatim, Minta UMK Naik 15 Persen

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan buruh di Jawa Timur bakal menggelar aksi demonstrasi di Kantor Gubernur Jawa Timur pada Kamis (30/11/2023) besok. Mereka menuntut Upah Mininum Kota/Kabupaten (UMK) naik sebesar 15 persen.

Juru bicara massa aksi, Nuruddin Hidayat mengatakan, total ada empat serikat buruh yang akan ikut dalam aksi tersebut. Yakni, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), dan Sarbumusi.

"Hasil rapat kemarin, aksi kita estimasi ada sekitar 20.000 massa. Tapi belum tahu perkembangan di lapangan seperti apa," kata Nuruddin saat dihubungi, Rabu (29/11/2023).

"Buruh (ikut yang aksi) dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Probolinggo, Jember, Lumajang, Banyuwangi," tambahnya.

Ribuan buruh itu akan berkumpul terlebih dahulu di Bundaran Waru, Sidoarjo. Kemudian, mereka secara bersama-sama akan bergerak ke arah Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan, Surabaya.

Nuruddin mengungkapkan, para buruh tersebut meminta agar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menetapkan kenaikan UMK tahun 2024 mendatang sebesar 15 persen.

"Besok hari terakhir untuk menetapkan kenaikan UMK. Aksi ini tujuanya mengawal kenaikan sebesar 15 persen, kalau dirupiahkan rata-rata Rp 600.000 sekian," jelasnya.

Khofifah sendiri hingga sekarang masih belum memberikan keteranganya terkait kenaikan UMK 2024. Sedangkan, sejumlah kepala daerah di Jatim kompak merekomendasikan kenaikan sebesar 6,13 persen.

"Pengalaman sebelumnya, gubernur mengabaikan rekomendasi bupati/wali kota. Tahun kemarin ring 1, (kenaikan) Rp 75.000 semuanya, bulat angkanya," ujar dia.

Dengan demikian, kata Nuruddin, massa buruh mengancam bakal menutup akses Bundaran Waru apabila Khofifah tidak menetapkan kenaikan upah sesuai dengan harapan mereka.

"Selama ada demo buruh, Gubernur (Khofifah) tidak pernah menemui untuk audiensi. (Jika demikian) kemungkinan kita akan bertahan di Bundaran Waru," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/29/172613578/besok-ribuan-buruh-akan-demo-di-kantor-gubernur-jatim-minta-umk-naik-15

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke