Salin Artikel

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Situbondo, Pengendara Diharap Waspada

SITUBONDO, KOMPAS.com - Hujan deras pada Minggu (26/11/2023) dan Senin (27/11/2023) menyebabkan tanah longsor di Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Selain itu, hujan deras juga menyebabkan retakan yang mengancam keselamatan pengguna jalan di desa itu.

Koordinator Pusdalop BPBD Situbondo Puriyono menyatakan, hujan dengan intensitas tinggi selama dua hari membuat tanah gembur dan membuat beberapa ruas jalan rawan longsor.

"Ada dua titik, pertama melongsorkan plengsengan tebing dan kedua jalan desa mengalami retak, kalau hujan terus-terusan dikhawatirkan ambles," kata Puriyono, Selasa (28/11/2023).

Saat ini, pihaknya telah memberi tanda untuk masyarakat yang melewati jalan itu supaya lebih hati-hati, terutama saat hujan. Hal tersebut dikhawatirkan terjadi longsor secara tiba-tiba.

"Sudah kami beri tanda untuk pengendara hati-hati, untuk roda dua bisa jalan, dan roda empat hanya satu mobil bisa lewat," katanya.

Menurut Puriyono, hujan hampir setiap hari turun di Desa Curah Tatal. Hal ini dapat memicu terjadinya longsor karena kondisi tanah di desa itu gembur.

"Di sana hujan setiap hari ditambah dengan tanahnya tanah merah yang gembur," tuturnya.

Pihaknya belum memperkirakan kerugian akibat kerusakan itu.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/28/140654278/hujan-deras-sebabkan-longsor-di-situbondo-pengendara-diharap-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke