Salin Artikel

RS Situbondo Siapkan 13 Ruangan Khusus Gangguan Jiwa bagi Caleg Gagal

Direktur RSUD Abdoer Rahem dr Roekmy Prabarini menyatakan pihaknya siap menampung pasien yang mengalami sakit jiwa atau gangguan jiwa bagi calon legislatif yang gagal dalam Pemilu 2024.

"Poli Jiwa dibuka Senin sampai Kamis dalam seminggu," kata dr Roekmy, Senin (27/11/2023).

Menurutnya, peserta kontestan Pemilu 2024 yang mengalami gangguan kejiwaan atau depresi berat bisa ditampung di poli jiwa. Namun hal itu tergantung dari kondisi pasien dan hasil pemeriksaan dokter.

"Untuk gangguan jiwa sampai ngamuk-ngamuk maka bisa dirawatinapkan. Waktu Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 ada yang sampai masuk namun kami rahasiakan identitasnya, dia hanya rawat jalan," katanya.

Roekmy juga menjelaskan rata-rata lama penanganan pasien gangguan jiwa dan depresi tergantung pada tingkat kecemasan setiap orang yang berbeda-beda. Belum lagi adanya faktor trauma yang menjadi penguatnya.

"Nanti ada screening dari dokter karena depresi setiap orang berbeda-beda," ucapnya.

Pihak RSUD Abdoer Rahem akan menyiapkan 13 kamar untuk pasien caleg gagal di Pemilu 2024. Terdiri dari 11 kamar untuk pasien gangguan jiwa berat dan 2 kamar untuk pasien gejala ringan.

"Ada 13 kamar ruang di Poli Jiwa," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/28/062226078/rs-situbondo-siapkan-13-ruangan-khusus-gangguan-jiwa-bagi-caleg-gagal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke