Salin Artikel

Hujan Deras dan Angin Kencang Sebabkan Longsor yang Menimpa Rumah Warga di Situbondo

Akibat peristiwa tersebut sebuah rumah warga rusak tertimpa material tanah.

Koordinator Pusdalop BPBD Situbondo Puriyono menyatakan tidak ada korban luka atau jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun rumah milik warga rusak akibat tertimpa longsoran tanah.

Pria 50 tahun, Jiwar, yang hidup bersama istrinya, merupakan korban peristiwa tersebut. Rumahnya mengalami kerusakan di bagian dapur.

Korban dan istri awalnya berdiam diri di kamar. Tetapi pada pukul 13.30 WIB tiba-tiba terdengar suara benda jatuh. Setelah diliat ternyata tanah longsor.

"Hujan deras dan disertai angin kencang membuat warga tidak keluar rumah, saat kejadian korban mendengar seperti benda terjatuh lalu keduanya lari keluar rumah" kata Puriyono Senin (27/11/2023).

Pihak BPBD Situbondo menuju ke lokasi sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka memberikan pertolongan dan mencatat kerusakan yang ada.

Rumah korban memang berada di kaki bukit. Hujan deras tersebut membuat tanah tidak bisa menahan serapan air sehingga longsor.

"Tanahnya ketika hujan menjadi gembur," katanya.

Tembok bangunan rumah setinggi 3 meter dan lebar 5 meter ambruk akibat longsoran tanah tersebut. Sedangkan tebing tanah yang longsor memiliki tinggi 10 meter dan lebar 12 meter.

"Total kerugian sekitar Rp 10 juta," tuturnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/27/131812278/hujan-deras-dan-angin-kencang-sebabkan-longsor-yang-menimpa-rumah-warga-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke