Salin Artikel

Lokasi Sulit Dijangkau, 3 Pulau Terluar di Sumenep Jadi Perhatian KPU

SUMENEP, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memastikan akan melakukan distribusi logistik pemilu ke seluruh wilayah di Sumenep.

Sumenep yang terdiri dari gugusan kepulauan menjadi perhatian KPU pada Pemilu 2024. Akses ke lokasi serta faktor cuaca dikhawatirkan bisa menghambat proses distribusi logistik.

"Khusus kepulauan tentu akan kita prioritaskan dalam hal pengiriman logistik. Jadi kita akan melakukan pengiriman logistik lebih awal," kata Komisioner KPU Sumenep Rafiqi Tanzil saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/11/2023).

Rafiqi menjelaskan, tiga pulau terluar di Kabupaten Sumenep itu yakni Kepulauan Masalembu, Kepulauan Kangean, dan Kepulauan Sapeken. Bahkan, di Pulau Sapeken, masih ada pulau lainnya yakni Pulau Sekala yang merupakan pulau paling luar di Sumenep.

"Hambatannya tentu cuaca, karena saat ini sudah masuk musim hujan. Terkait berapa lama proses pengiriman itu, kita tidak bisa menjelaskan lebih jauh, yang jelas kita akan dahulukan proses pengiriman logistik ke kepulauan," kata dia.

Proses pengiriman logistik itu, kata Rafiqi, akan disesuaikan dengan kapal yang berangkat dari Kalianget menuju tiga pulau itu. Masalembu yang secara geografis lebih dekat dengan Pulau Kalimantan akan menjadi daerah pertama yang akan dikirimkan logistik pemilu.

Selanjutnya, Pulau Kangean dan Sapeken akan menjadi prioritas berikutnya dalam pengiriman logistik.

"Dalam proses pengirimannya yang pasti akan melibatkan semua pihak. Transportasi kita akan manfaatkan kapal reguler yang biasa menuju ke pulau-pulau tersebut," tuturnya.

Saat ini, Rafiqi mengaku sudah menerima sejumlah logistik dari KPU RI. Logistik tersebut di antaranya 19.369 kotak suara, 7.726 tinta, 15.452 alat coblos dan bilik suara, 8.088 lem perekat, dan 142.931 tanda pengenal panitia pemilihan.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/27/120937678/lokasi-sulit-dijangkau-3-pulau-terluar-di-sumenep-jadi-perhatian-kpu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke