Salin Artikel

Ditanya soal Papua, Prabowo Berjanji Gunakan Pendekatan Damai

Hal tersebut diungkapkan Prabowo saat menghadiri dialog terbuka di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Jumat (24/11/2023).

"Kejam ya itu para pemberontak, separatis. Dia membunuh rakyat yang tidak bedosa, rakyat yang tidak bersenjata, membunuh rakyatnya sendiri, suka-sukanya dia saja," kata Prabowo.

Ia menambahkan, aparat kepolisian di Papua sudah menghadapi para separatis dengan berbagai cara. Namun, masih banyak petugas yang meninggal saat menjaga keamanan.

"Jadi sudah banyak aparat kita yang mengalah, banyak anggota polisi yang mati di sana. Pemimpin polisi suruh menghadapi massa enggak pakai senjata, banyak aparat kita di sana jadi korban," jelasnya.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI tersebut pun berjanji akan menyelesaikan konflik di Papua tersebut mengunakan pendekatan damai apabila terpilih menjadi presiden selanjutnya.

"Pendekatan hukum, kita tentunya ingin pendekatan yang soft (halus), sekarang pendekatan dengan penyelesaian politik yang damai," ucapnya.

Selain itu, Prabowo juga akan mengusulkan kepada sejumlah kelompok di Papua untuk berdiskusi. Bahkan, dia berjanji akan memberikan amnesti atau penghapusan hukum pidana.

"Silahkan tutup buku, tanggalkan senjatamu, kembali ke masyarakat. Amnesti kalau perlu, tapi ini haknya presiden, saya belum presiden jadi belum amnesti, siapa tahu nanti saya bisa," ujar dia.

Prabowo mengungkapkan, seharusnya pendekatan secara damai tersebut bisa dilakukan. Sebab, Aceh yang dulunya rawan konflik, saat ini sudah damai dengan pemerintah.

"Kita sudah buktikan di Aceh, sekarang kita damai. Saya yakin kelompok teroris itu, separatis, mereka itu sedikit, kita sudah hitung kok," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/24/142115578/ditanya-soal-papua-prabowo-berjanji-gunakan-pendekatan-damai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke