Salin Artikel

Evaluasi Piala Dunia U-17, Surabaya Siap Gelar Pertandingan Sepak Bola Internasional Lagi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, mengevaluasi diri setelah menjadi salah satu tuan rumah pada event Piala Dunia U-17. Pemkot Surabaya mengaku siap kembali dilibatkan dalam pertandingan besar sepak bola lainnya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan sangat bersyukur daerah yang dipimpinya menjadi salah satu tuan rumah event internasional itu. Hal tersebut pun menjadi catatan sejarah yang akan terus diingat.

"Bahkan gol pertama Indonesia di Piala Dunia dilakukan di Stadion GBT (Gelora Bung Tomo)," kata Eri di pusat informasi Piala Dunia U-17 Surabaya, Kamis (23/11/2023).

Namun, Eri tetap mengevaluasi sejumlah hal yang sudah dikoordinasikan oleh induk sepak bola dunia, FIFA. Salah satunya terkait transportasi umum bagi suporter untuk menuju ke stadion.

"Contoh penggunaan shuttle bus, kami menentukan titik mana yang jadi tempat untuk pulang pergi. Piala Dunia tidak boleh bawa sepeda motor sendiri," jelasnya.

Kemudian, kata Eri, hal yang dievaluasi lainya yakni terkait rumput saat pertandingan di Stadion GBT, pengaman selama laga berlangsung, serta kesiapan Surabaya menyambut event itu.

"Evaluasi FIFA apa pun, prosedurnya juga Surabaya yang terbaik, kami pelajari betul itu. Kami berkolaborasi dengan semuanya, akhirnya Piala Dunia U-17 ini berjalan lancar, luar biasa," ujar dia.

Oleh karena itu, Eri menyampaikan kepada PSSI maupun FIFA agar Surabaya dilibatkan dalam pertandingan internasional lainnya. Dia merasa sangat siap dan terbukti saat Piala Dunia U-17.

"Kami sampaikan, kalau ada pertandingan internasional atau Asia yang diselenggarakan, kami bisa dilibatkan. Saat Piala Dunia, kami sudah melewati hal yang belum pernah dilakukan," ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/24/061227478/evaluasi-piala-dunia-u-17-surabaya-siap-gelar-pertandingan-sepak-bola

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke