Salin Artikel

Mentan Targetkan 3 Tahun Lagi Indonesia Swasembada Pangan

Hal itu disampaikan Amran saat berkunjung ke Kabupaten Tuban, Jawa Timur, untuk melakukan panen raya padi dan menyapa para petani serta petugas penyuluh pertanian se-Jawa Timur. 

Andi Amran Sulaiman mengatakan, peningkatan produksi padi dan jagung menjadi fokus utama Kementerian Pertanian (Kementan) dalam waktu satu tahun ini.

Indonesia pernah mendapatkan penghargaan dari Food and Agriculture Organization (FAO) karena telah berhasil melakukan swasembada pangan. 

"Sekarang saatnya kita harus melanjutkannya berswasembada," kata Andi Amran Sulaiman, kepada Kompas.com usai melakukan panen raya dan tanam padi di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Kamis (23/11/2023).

Menurutnya, ketahanan pangan identik dengan ketahanan negara. Karenanya, pangan merupakan senjata kita. Krisis pangan sama dengan krisis keamanan dan politik. 

"Ke depan kita harus bisa menyetop impor dan harus ekspor," ungkapnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, dalam satu tahun terakhir ini produktivitas padi dan jagung di Jawa Timur masih surplus sebesar 9,23 persen.

Bahkan, prediksi Badan Pusat Statistik menyebutkan produktifitas padi di Provinsi Jawa Timur masih tertinggi di antara Provinsi lainnya di Indonesia. 

"Mulai tahun 2021 hingga 2023 ini Jawa Timur produktifitasnya masih tertinggi dibanding 10 Provinsi lainnya," kata Khofifah Indar Parawansa, saat mendampingi kunjungan Menteri Pertanian ke Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Menurut Khofifah, tingginya produktivitas padi di Jawa Timur merupakan hasil dari sinergi para petugas penyuluh pertanian yang menjadi garda terdepan bersama para petani.

"Ya, hasil ini tidak lepas dari sinergitas para penyuluh pertanian bersama para petani," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/23/175745278/mentan-targetkan-3-tahun-lagi-indonesia-swasembada-pangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke