Salin Artikel

Kakak Adik di Surabaya Bobol Toko Susu, Curi Uang Rp 10 Juta dan 6 Kotak Susu

Kapolsek Wonocolo Kompol M Sholeh mengatakan, kakak adik tersebut adalah Moch Asrul Ardiansyah dan Arief Setyawan, warga Jalan Jetis Kulon, Wonokromo, Surabaya.

"Pengakuan tersangka, mereka didatangi Kriwul yang saat ini masih dalam pengejaran, di sebuah kos Jalan Bendulmerisi, Rabu (8/11/2023)," kata Sholeh ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (21/11/2023).

Mereka diajak untuk membobol Toko Susu Murah yang berada di Jalan Bendulmerisi, Bendul Merisi, Wonocolo.

Akhirnya, mereka bertiga memutuskan berangkat menggunakan satu sepeda motor.

"Sampai di depan toko susu, tersangka Arief merusak gembok rolling door menggunakan potongan besi yang dibawa dari rumah," jelasnya.

Kemudian, dua bersaudara itu langsung masuk ke dalam toko susu tersebut dan menyasar ke meja kasir. Sedangkan kawannya, Kriwul, menunggu di sepeda motor untuk memantau situasi.

"Mereka berdua mengambil uang dalam laci meja kasir terus dimasukkan ke kantong plastik. Terus tersangka Arief mengambil sejumlah susu yang dimasukkan ke kardus," ujar dia.

Setelahnya, para pelaku kembali menutup rolling door toko susu tersebut dan meninggalkan lokasi. Lalu, ketiganya membagi seluruh hasil pencurianya di kos, tempat mereka bertemu.

"Mereka membuang alat untuk membobol toko di TPS (Tempat Pembuangan Sampah) Jalan Bendulmerisi. Terus membagi hasil curiannya," ucapnya.

Sholeh mengungkapkan, total uang yang diambil para pelaku di meja kasir tersebut berjumlah Rp 10 juta. Adapun susu yang diambil dari rak toko ada sebanyak enam kotak.

"Aksi pelaku terekam CCTV toko susu. Dari petunjuk tersebut dan serangkaian penyelidikan, kami dapat amankan pelaku di rumahnya," katanya.

Ternyata, kakak adik tersebut merupakan resedivis pencurian sepeda motor di wilayah Bendul Merisi pada 2017. Mereka mengaku nekat mencuri kembali karena terpepet membayar kos.

"Dua tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman selama tujuh tahun penjara," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/21/142526878/kakak-adik-di-surabaya-bobol-toko-susu-curi-uang-rp-10-juta-dan-6-kotak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke