Salin Artikel

Cerita di Balik Kecelakaan KA Probowangi Vs Minibus di Lumajang, Saat Reuni SMA Berakhir Duka...

KOMPAS.com - Sebuah minibus yang berisi 15 penumpang mengalami kecelakaan usai ditabrak Kereta Api (KA) Probowangi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Minggu (19/11/2023) malam.

Minibus tersebut membawa rombongan asal Surabaya, Jatim, yang baru saja bereuni SMA di Kabupaten Banyuwangi, Jatim.

Evan, putra dari Mariana korban meninggal dunia, mengatakan, ibunya berpamitan untuk datang ke acara reuni di Banyuwangi.

"Saya enggak menyangka ibu saya jadi korban kecelakaan, kemarin (Sabtu) pamitnya reuni ke Banyuwangi," ujarnya, Senin (20/11/2023).

Sementara itu, Vivi, keponakan korban meninggal Gatot Hari Tjahyono (55), menuturkan, ia mendapat kabar duka itu dari istri Gatot, Wiwik.

Vivi menceritakan, Minggu sekitar pukul 18.00 WIB, Wiwik mendapat telepon dari Gatot.

Kala itu, Gatot berkata telah selesai menghadiri acara reuni SMA di sebuah pantai di Banyuwangi. Ia dan rombongan sedang dalam perjalanan menuju Surabaya.

"Kabar itu kemudian diteruskan Bu Wiwik ke grup keluarga. Kami awalnya mengira ini bukan nasib akhir dari Pak Gatot," ucapnya, dikutip dari Tribun Jatim.

Pihak keluarga kemudian bergantian mencoba menghubungi Gatot. Namun, tidak ada respons. Lalu, pada Senin sekitar pukul 02.00 WIB, telepon tersebut diangkat.

Hanya saja, bukan Gatot yang berbicara, melainkan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haryoto, Lumajang. Pegawai RS mengabarkan bahwa Gatot meninggal dunia.

Sedangkan, Ramayani, adik korban meninggal Soekarnoto (56), menjelaskan, kakaknya berangkat bersama rombongan reuni pada Sabtu (18/11/2023) malam.

"Kakak saya orang Dinsos, pulang kerja (langsung berangkat). Tadinya temannya penuh, ngumpul di sini, terus berangkat Sabtu jam 23.00 WIB," ungkapnya, Senin.

Soekarnoto merupakan sopir ambulans Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya. Kakaknya sempat bercerita bahwa akan pensiun pada tahun 2024.

Untuk diketahui, tabrakan kereta api dan minibus tersebut terjadi di perlintasan tanpa palang pintu di Dusun Prayuana, Desa Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Lumajang.

Insiden itu mengakibatkan 11 orang meninggal dunia.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Miftahul Huda, Andhi Dwi Setiawan | Editor: Andi Hartik, Aloysius Gonsaga AE), TribunJatim.com

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/20/202325878/cerita-di-balik-kecelakaan-ka-probowangi-vs-minibus-di-lumajang-saat-reuni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke