Salin Artikel

Fakta Baru Kecelakaan KA Vs Minibus di Lumajang, EWS Tak Berfungsi

EWS berupa lampu peringatan lintasan rel kereta api itu diketahui sudah tidak berfungsi lebih dari 20 tahun.

Dewi, Ketua RT 1 RW 9 Dusun Prayuana, Desa Ranu Pakis mengatakan, lampu peringatan lintasan rel kereta api tidak berfungsi sejak 2001.

"Kalau matinya lama, tahun 2001," katanya singkat.

Pantauan Kompas.com, selain EWS, terdapat dua lampu penerangan jalan umum (PJU) yang terpasang tepat di sebelah rel kereta api juga tidak berfungsi.

Penjelasan KAI

Humas PT KAI DAOP 9 Anwar mengatakan, tidak berfungsinya EWS disebabkan karena ada komponen yang ada pada EWS yang hilang.

Menurutnya, situasi ini tidak hanya terjadi di Dusun Ranu Pakis saja. Namun, EWS beberapa lintasan rel kereta di Lumajang juga tak berfungsi.

"EWS-nya tidak berfungsi karena sparepart-nya hilang, jadi tidak hanya akinya saja. Tapi ini tidak hanya di sini saja," kata Anwar.

Anwar lantas menjelaskan cara kerja EWS perlintasan rel kereta api. Menurutnya, satu kilometer sebelum penyeberangan jalan, lampu kuning yang biasanya berkedip akan berganti warna jadi merah.

Selain itu, terdapat sirine yang terus menerus berbunyi sampai kereta melintas dan telah melewati jarak satu kilometer.

"Ada sensornya jadi satu kilometer itu lampu jadi merah dan ada bunyi sirinenya, itu sampai melintas pada jarak satu kilometer baru kembali berwarna kuning berkedip," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kereta Api Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya mengalami kecelakaan di ruas jalur Randuagung - Klakah, Jalur Perlintasan (JPL) 63, KM 139, Dusun Prayuana, Desa Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (19/11/2023).

Kereta menabrak sebuah minibus dengan nomor polisi N 7646 T hingga terseret sekitar 50 meter pada pukul 19.53 WIB.

Akibatnya, 11 orang dinyatakan meninggal dunia dan empat lainnya harus menjalani perawatan intensif di RSUD dr. Haryoto Lumajang.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/20/154109278/fakta-baru-kecelakaan-ka-vs-minibus-di-lumajang-ews-tak-berfungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke