Salin Artikel

Tim Investigasi TNI AU Cari FDR di Lokasi Jatuhnya Pesawat Super Tucano

Pencarian dilakukan di lokasi jatuhnya dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano di Desa Keduwung, Ploso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

"Saat ini tim investigasi sudah mencapai tempat sasaran sedang mengumpulkan data-data terkait dengan kecelakaan, mengamankan barang-barang yang merupakan alat investigasi dan akan mengamankan Flight Data Recorder," ungkap dia di Malang, Jawa Timur, Jumat (17/11/2023), seperti dikutip dari Antara.

Menurut Agung, dengan kondisi bangkai pesawat, ada kemungkinan FDR dapat ditemukan.

Meski demikian, Agung belum dapat memastikan apakah FDR dua pesawat bernomor ekor TT-3111 dan TT-3103 tersebut sudah diamankan oleh tim.

"Mestinya kalau pesaawatnya masih utuh, saya kita (FDR) masih didapat. Namun saya belum bisa mengklarifikasi apakah sudah diambil atau belum," ujar dia.

Evakuasi dengan helikopter

Bagian-bagian pesawat yang jatuh rencananya akan dievakuasi dengan menggunakan helikopter. Hal itu lantaran lokasi jatuhnya pesawat berada di medan yang sulit dijangkau.

Bangkai pesawat tempur yang jatuh nantinya akan dikumpulkan di Lanud Abulrachman Saleh Malang, Jawa Timur.

Di sana akan dilakukan investigasi untuk memastikan penyebab jatuhnya pesawat.

"Kemungkinan kita menggunakan helikopter dan itu harus dipotong (bagian pesawat) supaya tidak terlalu berat dan tidak terlalu sulit untuk diangkat," kata dia.

Jatuh saat latihan

Untuk diketahui dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI AU jatuh di Desa Keduwung, Ploso, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023) saat menjalani latihan formasi.

Pesawat bernomor TT-3111 dan TT 3103 tersebut take off pada pukul 10.51 WIB.

Kemudian pada 11.18, pesawat hilang kontak diduga saat berhadapan dengan cuaca buruk.

Sebanyak empat awak pesawat gugur dalam peristiwa tersebut.

Mereka adalah Marsekal Pratama TNI Subhan, Marsekal Pertama TNI Widiono Hadiwijaya, Kolonel (Pnb) Sandhra Gunawan, dan Letkol Penerbang Yuda A. Seta.

Sumber: Antara

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/17/162142678/tim-investigasi-tni-au-cari-fdr-di-lokasi-jatuhnya-pesawat-super-tucano

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke