Salin Artikel

Kadispenau: Perawatan Pesawat Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan Bagus

MALANG, KOMPAS.com - TNI Angakatan Udara memastikan, penyebab kecelakaan dua pesawat EMB-314 Super Tucano milik Skadron Udara 21 Lanud Abdurrachman Saleh akibat cuaca buruk.

Dua pesawat itu jatuh di lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023) siang.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Agung Sasongko Jati memastikan kondisi pesawat masih bagus.

"Maintenance pesawat bagus, begitupun semua personel kondisinya juga bagus," ungkapnya dalam konferensi pers di Gedung Cakrawala Lanud Abdurrachman Saleh, Kamis (16/11/2023).

Agung menyebut, kedua pesawat yang mengalami kecelakaan masih berusia muda. Keduanya diimpor dari Brasil pada tahun 2012.

"Pesawat Super Tucano ini perawatannya bagus dan mudah dirawat," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, dua dari empat pesawat EMB-314 Super Tucano milik Skadron Udara 21 Lanud Abdurrachman Saleh Malang jatuh di lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis (16/11/2023) siang.

Kedua pesawat itu memiliki nomor ekor TT-3111 dengan penumpang Letkol Pnb Sandhra Gunawan sebagai frontseater dan Kolonel Adm Widiono bertindak sebagai backseater.

Kemudian, pesawat kedua nomor ekor TT-3103 dengan dua penumpang Mayor Pnb Yuda A. Seta selaku frontseater dan Kolonel Pnb Subhan sebagai backseater.

Agung Sasongko Jati mengatakan, kedua pesawat tempur itu take-off dari Lanud Abdurrachman Saleh pukul 10.51 WIB bersama dua pesawat lainnya, dan loss contact pada pukul 11.18 WIB.

Artinya, ada empat pesawat yang melakukan penerbangan saat itu untuk misi latihan profisiensi formation flight rute ABD – Area - ABD (Alpha, Bravo, Charlie, Delta, Med-Low).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/16/213317178/kadispenau-perawatan-pesawat-super-tucano-yang-jatuh-di-pasuruan-bagus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke