Salin Artikel

Arkhan Kaka Cetak Gol Kedua di Piala Dunia U-17, Sang Ayah: Tetap Rendah Hati

Kaka, sapaannya, membobol gawang lawan di menit ke-54 melalui sundulan kepala setelah menerima umpan di kotak penalti dari Welber Jardim.

Gol tersebut merupakan gol kedua Timnas U-17 Indonesia sekaligus juga gol kedua Kaka selama dua kali bertanding di Grup A, Piala Dunia U-17.

Sang ayah, Purwanto Suwondono meminta Kaka tetap tidak terlena oleh prestasi awal yang dia raih, termasuk predikat sebagai ‘Player of the Match’ selama laga melawan kesebelasan Panama itu.

“Saya tekankan kepada Kaka bahwa Piala Dunia ini sebuah proses baginya untuk menempa diri. Tetaplah rendah hati,” kata sang ayah yang juga merupakan Direktur Borneo FC Academy tersebut kepada Kompas.com di Blitar, Selasa (14/11/2023).

Mantan striker kesebelasan Timnas era 1990-an itu menilai Kaka dan kesebelasan Timnas U-17 sedang berproses di jalur yang benar setelah bertanding untuk kedua kalinya di Grup A ajang Piala Dunia U-17.

“Saya kira Kaka dan Timnas U-17 secara keseluruhan sudah mulai menemukan kepercayaan diri, mulai ber-‘progress’ menuju puncak permainan mereka,” ujar Purwanto.

Purwanto membantah anggapan kesebelasan U-17 Panama lebih mudah ditaklukkan dibandingkan kesebelasan Ekuador yang dihadapi Timnas U-17 sebelumnya.

Karena itu, lanjutnya, kemampuan Timnas Indonesia mengimbangi permainan kesebelasan Panama hingga akhirnya berhasil mencetak gol dan menyamai skor 1-1 hingga akhir pertandingan merupakan sebuah kemajuan.

Purwanto melihat irama permainan Timnas U-17 Indonesia sebagaimana ditunjukkan pada sesi pertandingan melawan kesebelasan U-17 Panama mengindikasikan mulai terbangunnya kekompakan dan kepercayaan diri tim.

“Begitu juga Kaka. Dia menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dia lebih percaya diri,” tuturnya.

Jika semangat tersebut dapat dijaga, lanjutnya, maka Timnas U-17 akan bisa berlaga secara optimal menghadapi pertandingan-pertandingan selanjutnya selama Piala Dunia U-17.

Terkait gol yang dicetak saat melawan kesebelasan Panama, Purwanto menduga gol tersebut merupakan buah dari latihan-latihan yang dijalani Kesebelasan Timnas U-17 Indonesia.

“Sepertinya umpan-umpan bola panjang yang bisa dieksekusi dengan sundulan kepala oleh Kaka itu sering diperagakan selama latihan-latihan mereka. Saya lihat umpan-umpan panjang itu banyak diberikan pada Kaka yang kebetulan berpostur tinggi dan memiliki kecepatan lari yang memadai,” terangnya.

Kepada kesebelasan Timnas U-17 Indonesia, Purwanto berpesan untuk terus menjaga semangat bertanding di setiap pertandingan.

“Dan saya perlu sampaikan pesan untuk kesebelasan Timnas bahwa setiap pertandingan adalah pertandingan final. Maka selalu bermainlah all out di setiap kesempatan,” ujar pengelola Sekolah Sepak Bola (SSB) Mitra Tunas Muda Blitar itu.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/14/155211878/arkhan-kaka-cetak-gol-kedua-di-piala-dunia-u-17-sang-ayah-tetap-rendah-hati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke