Salin Artikel

Unej Hentikan Kegiatan UKM Mahadipa Buntut Peserta Diklat Tewas

JEMBER, KOMPAS.com – Fakultas Teknik Universitas Jember (Unej) memberhentikan sementara kegiatan UKM Mahasiswa Divisi Pecinta Alam (Mahadipa). Hal ini buntut dari kasus tewasnya mahasiswi saat mengikuti kegiatan diklat dasar yang ke-20 Mahadipa.

“Untuk kegiatan diberhentikan dulu, evaluasi mandiri dulu karena kejadian ini sangat kita sayangkan,” kata Dekan Fakultas Teknik Universitas Jember Triwahju Hardianto saat konferensi pers di Fakultas Teknik Unej, Senin (13/11/2023).

Pihaknya turut berbelasungkawa atas meninggalnya Nadhifa Naya Damayanti, mahasiswi Prodi Teknik Lingkungan, dalam kegiatan itu.

Dia menyebut, kegiatan diklat itu sudah mendapatkan izin dengan Nomor 10138 tanggal 19 Oktober 2023, pada tanggal 21 Oktober 2023 sampai dengan 12 November 2023.

Kegiatan itu dimulai dengan kegiatan di dalam kampus hingga pemberian materi lapang di luar kampus.

“Materi lapang ini ada di luar Fakultas Teknik,” ujar dia.

Dia menambahkan, awalnya jumlah peserta diklat sebanyak lima orang, namun dua orang mengundurkan diri sehingga hanya tersisa 3 orang. Sedangkan panitia sendiri berjumlah 12 orang.

Mereka berangkat ke daerah lereng Gunung Argopuro pada 8 November 2023. Lalu, pada 10 November 2023 pukul 14.00 WIB, salah satu peserta mengalami drop, sehingga panitia segera berusaha untuk merawat, dan menghentikan kegiatan.

“Panitia merawat yang bersangkutan dan menunggu kondisinya membaik, sambil berkoordinasi dengan Basarnas dibantu SAR OPA, dan senior (alumni Mahadipa),” ucap dia.

Lalu, pada malam harinya, kondisi korban semakin memburuk sehingga panitia meminta bantuan evakuasi kepada Basarnas melalui SAR OPA. Setelah itu, pada11 November 2023 pagi, korban bisa dievakuasi dan diarahkan ke IGD RSUD dr. Soebandi Jember.

“Setelah diperiksa, yang bersangkutan sudah dinyatakan meninggal,” tutur dia.

“Informasi yang terakhir kami terima, jenazah telah dimakamkan di Balikpapan hari Minggu, 12 November 2023,” papar dia.

Sebelumnya diberitakan, Nadhifa Naya Damayanti (18), mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Jember tewas usai mengikuti kegiatan diklat dasar pecinta alam di lereng Gunung Argopuro, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Sabtu (11/11/2023).

Lokasi diklat berada di wilayah hutan lindung antara petak 64C RPH Arjasa dan 74 RPH Jelbuk BKPH Lereng Pegunungan Argopuro, Kabupaten Jember.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/13/223920678/unej-hentikan-kegiatan-ukm-mahadipa-buntut-peserta-diklat-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke