Salin Artikel

Kronologi Mahasiswi Unej Meninggal saat Diklat di Gunung Argopuro

Kapolsek Arjasa AKP Agus Sutriyono menjelaskan, kegiatan itu diikuti 13 peserta dari Universitas Jember selama 5 hari, yakni dari Rabu hingga Minggu (8-12/11/2023).

Berdasarkan penyelidikan polisi, saat itu Nadhifa sedang sakit. Hal itu terbukti pada Jumat (10/11/2023), ia mengaku kelelahan dan meminta istirahat.

"Hasil lidik anggota kami, korban ini sakit. Jumat kemarin sekitar pukul 14.00 WIB. Dia mengaku kelelahan dan meminta istirahat," kata Agus pada Kompas.com via telepon, Minggu (12/11/2023).

Menurut dia, ketika Nadhifa mengeluh sakit, para peserta diklat membuatkan tempat istirahat sementara untuk korban. Setelah itu, sekitar pukul 22.00 WIB, kondisi korban dinilai semakin membaik dan meminta makanan serta minuman.

"Korban merasa membaik dan minta makan juga minum, dilayani oleh teman-temannya," tutur dia.

Ketika Nadhifa mengeluh sakit, kata dia, peserta diklat juga sudah berkoordinasi dengan Basarnas dan mengirim titik koordinat ke Basarnas untuk dievakuasi saat itu.

"Tapi karena (kondisi korban) membaik, informasinya korban tidak mau dan ingin melanjutkan kegiatan," jelas Agus.

Akhirnya ia melanjutkan kegiatan diklat tersebut. Namun sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, kondisi kesehatan Nadhifa memburuk.

Para peserta diklat kembali meminta bantuan Basarnas untuk evakuasi. Selanjutnya Basarnas melakukan evakuasi, tetapi karena kendaraan tidak bisa masuk, perempuan itu dibawa dengan cara ditandu jalan kaki.

Saat proses evakuasi itu, lanjut Agus, kondisi Nadhifa masih bernapas namun sudah kritis.

"Menurut keterangan saksi, korban masih dalam kondisi hidup. Tetapi begitu sampai RSD dr Soebandi Jember, sudah dinyatakan meninggal dunia," papar dia.

Agus menduga Nadhifa meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Kendati demikian, polisi masih terus mendalami lebih jauh kasus itu.

Kemudian akan melakukan autopsi untuk memastikan penyebab kematian Nadhifa jika pihak keluarga berkenan.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan keluarga almarhumah yang ada di Kalimantan Timur. Sekarang pihak keluarga dalam perjalanan menuju Jember.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/12/143030878/kronologi-mahasiswi-unej-meninggal-saat-diklat-di-gunung-argopuro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke