Salin Artikel

Warga Suru di Nganjuk Sumringah, Krisis Air Bersih Teratasi karena Pipa 2 Km yang Dipasang TNI

Supono sumringah karena kini warga Suru tak lagi kesulitan air bersih. Pemasangan pipa sepanjang dua kilometer dari Sumber Embag membuat mereka keluar dari masalah air bersih.

Pipa tersebut dipasang TNI melalui program TNI Manunggal Air Bersih. Air dari Sumber Embag itu disalurkan ke pekarangan warga menggunakan pipa-pipa tersebut.

Supono menuturkan, saban musim kemarau tiba hampir dipastikan warga Suru kesulitan air bersih. Aliran air yang biasanya turun dari Sumber Embag selalu mengering.

Kondisi kekeringan juga terjadi tahun ini. Bahkan pada musim kemarau kali ini kondisinya lebih parah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Gara-gara musim kemarau panjang ini air bersih menjadi sulit," ucap Supono kepada wartawan di Nganjuk, Jumat (10/11/2023).

Kini, Supono dan warga Suru bisa sedikit lega. Pasalnya, aliran air dari Sumber Embag semakin deras dan lancar usai dipasang pipa oleh pihak TNI.

"Biasanya bulan segini sumber sedang kering. Makanya ini agak kaget, karena airnya bisa sederas ini," tutur Supono.

Sepengetahuan Supono, pipa sepanjang dua kilometer itu dipasang pihak TNI melalui program TNI Manunggal Air Bersih pada Rabu (8/11/2023).

Kepala Desa Suru, Wawan Yudha, membenarkan hal itu. Bahkan tak hanya mendapatkan bantuan pemasangan pipa, pihak TNI juga memberikan bantuan sejumlah tandon air.

Wawan pun berterima kasih dan bersyukur atas bantuan pipa dan tandon untuk warga Suru.

“Jelas ini akan kami manfaatkan dan lestarikan agar kekeringan tahunan di Desa (Suru) terus teratasi,” ungkap Wawan.

Menurut Wawan, pembangunan pipa dan pemberian bantuan tandon ini diinisiasi Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Camat Ngetos, Nuri Prihandoko, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI atas bantuan pipaisasi yang telah diberikan kepada masyarakat Suru.

“Terima kasih banyak atas bantuan pemasangan pipa di daerah kami yang kekeringan dan kekurangan air bersih,” papar Nuri Prihandoko.

Danramil Ngetos, Kapten Inf Muslih, mengajak seluruh komponen masyarakat bersinergi mengatasi kelangkaan air bersih yang saat ini sedang terjadi.

“Krisis air bersih ini adalah masalah kita bersama. Jadi kita semua harus bergandengan tangan, saling membantu untuk mengatasi permasalahan ini,” ujar Muslih.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/10/192434378/warga-suru-di-nganjuk-sumringah-krisis-air-bersih-teratasi-karena-pipa-2-km

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke