Salin Artikel

Seorang Pengendara Motor Menangis Saat Mengheningkan Cipta untuk Pahlawan

Para pengendara motor, tukang becak, sopir truk, dan sopir mobil pribadi menghentikan laju kendaraannya saat polisi menyetop mereka. Ratusan pengendara berdiri di tengah jalan mengheningkan cipta mengingat jasa para pahlawan.

Salah satu pengendara, Anita (30) yang berasal dari Kota Probolinggo, menangis usai mengikuti prosesi mengheningkan cipta tersebut.

Pasalnya, Anita yang mengendarai motor matik bersama kerabat perempuannya itu tersentuh saat ratusan pengendara mengheningkan cipta untuk para pahlawan.

Anita menceritakan, sosok pahlawannya, yakni ayahnya, merupakan seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang baru saja meninggal dunia.

"Dada ini terasa sesak. Kami terharu ikut mengheningkan cipta. Ayah saya yang merupakan anggota TNI baru saja meninggal dunia. Kebetulan barusan diminta berhenti untuk mengheningkan cipta saya langsung berhenti. Ini saya dalam perjalanan menuju RSUD Waluyo Jati Kraksan Kabupaten Probolinggo untuk mengurusi administrasi kematian bapak kandung saya," kata Anita kepada Kompas.com sambil menangis tersedu-sedu.

Tak hanya ikut mengheningkan cipta, Anita juga membagikan bendera Merah Putih kepada ratusan pengendara bersama sejumlah polisi dan TNI.

Motor yang dia kendarai kemudian diparkir di pinggir jalan dan dia berdiri di tengah jalan untuk mengheningkan cipta.

Kasat Lantas Polres Probolinggo Iptu Karnoto mengatakan, pihaknya sengaja menghentikan pengendara sejenak untuk bersama-sama menghentikan cipta untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada pengendara.

Kegiatan itu digelar di pertigaan jalur pantura Kecamatan Pajarakan dan jalur pantura di depan Mapolres Probolinggo.

"Selain untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme, kami juga mengajak masyarakat atau pengendara untuk tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama," pungkas Karnoto.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/10/110913378/seorang-pengendara-motor-menangis-saat-mengheningkan-cipta-untuk-pahlawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke