Salin Artikel

Kisah Perempuan Agung di Balik Kejayaan Majapahit dalam Pementasan Opera Gayatri Sri Rajapatni

Perpaduan seni teatrikal, musik tradisional dari berbagai etnis di nusantara, serta seni kontemporer instalasi cahaya menjadikan pementasan Opera Majapahit: Gayatri Sri Rajapatni berlangsung epik.

Dipentaskan secara epik di bumi Majapahit selama lebih dari satu setengah jam, Opera Gayatri Sri Rajapatni yang disutradarai Mia Johannes atau Mhyajo tak sekadar memukau. 

Pementasan opera yang dipadukan dengan pemutaran film dan pertunjukan musik dari Indonesian National Orchestra pimpinan Franki Raden, serta dilengkapi penata cahaya, Iwan Hutapea, mampu menghipnotis penonton yang hadir.

Selain itu, sajian cerita tanpa banyak bumbu, memudahkan penonton memahami alur cerita sejarah perjalanan Kerajaan Majapahit.

Sosok Gayatri

Pementasan Opera Majapahit: Gayatri Sri Rajapatni menampilkan sosok Gayatri atau Dyah Dewi Gayatri Kumara Rajassa sebagai tokoh utama dalam cerita.

Gayatri merupakan istri pertama Raden Wijaya, raja pertama sekaligus pendiri Kerajaan Majapahit. Dia juga merupakan putri bungsu Kertanegara, raja terakhir Kerajaan Singasari. 

Dari pernikahannya dengan Raden Wijaya, perempuan dengan gelar Rajapatni tersebut memiliki dua putri, Tribhuwana dan Wiyah Rajadewi.

Gayatri, menurut sutradara Opera Gayatri Mhyajo, merupakan sosok sentral dalam sejarah perjalanan Kerajaan Majapahit, dari masa kelahiran hingga menuju kejayaan.

Sosok Gayatri, jelas dia, bukan sekadar putri raja. Sisi ketangguhannya terlihat setelah kejatuhan Kerajaan Singasari akibat pemberontakan Jayakatwang dari Kediri.

"Kalau Gayatri tidak memihak Raden Wijaya dan tidak menjanjikan kerajaan baru setelah Singasari dihabisi oleh (raja Kediri) Jayakatwang, maka tidak ada Majapahit,” kata Mhyajo.

“Kenapa Gayatri, menurut saya dia itu akar dari Kerajaan Majapahit,” ujar Mhyajo, saat ditemui menjelang pementasan Opera Majapahit Gayatri Sri Rajapatni di Mojokerto, Sabtu.

Jalan cerita

Jalan cerita Opera Gayatri yang dipentaskan di Museum Trowulan atau Pusat Informasi Majapahit, diawali peperangan antara Kertanegara dan pasukan Kerajaan Singasari dengan Jayakatwang dan pasukan Kediri.

Jayakatwang dan pasukannya mampu memenangkan peperangan. Kertanegara tewas di tangan Jayakatwang dan Kerajaan Singasari pun jatuh.

Kesedihan dirasakan Gayatri. Dia menuju Kediri sebagai pihak yang kalah perang dengan luka dan cinta, serta keyakinan bakal hadirnya kerajaan baru melalui Raden Wijaya.

Babak berikutnya dalam Opera Gayatri, menampilkan sosok Arya Wiraraja yang memintakan pengampunan dan penyerahan diri Raden Wijaya kepada Jayakatwang.

Raden Wijaya yang mendapatkan pengampunan dari Jayakatwang, akhirnya bertemu dengan Gayatri, sang istri.

Selain itu Wijaya juga mendapatkan tanah perdikan di wilayah yang akhirnya menjadi bumi Majapahit.

Jalan cerita selanjutnya menampilkan kehadiran tentara Mongol yang kemudian bekerja sama dengan Raden Wijaya untuk menjatuhkan Kerajaan Kediri.

Setelah menjatuhkan Kediri dan menyingkirkan tentara Mongol, Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit. Selain Gayatri, Raden Wijaya didampingi 4 permaisuri lainnya saat memimpin Majapahit.

Opera Gayatri juga menampilkan cerita naiknya Jayanegara sebagai raja Majapahit setelah Raden Wijaya mangkat, dilanjutkan dengan adegan terbunuhnya Jayanegara oleh Ra Tanca.

Sepeninggal Jayanegara, Gayatri semestinya naik takhta. Namun, dirinya memilih menjadi bhiksuni dan meminta anaknya, Tribhuwana, naik menjadi pemimpin Kerajaan Majapahit.

Kisah berikutnya menghadirkan sosok Gajah Mada, serta naiknya Hayam Wuruk, cucu Gayatri, sebagai raja Majapahit.

Pakem sejarah

Sutradara Opera Gayatri Mia Johannes atau Mhyajo mengungkapkan, cerita yang dibawakan dalam opera disusun dari proses riset dan kajian mendalam.

Penyusunan naskah melibatkan berbagai pihak, antara lain arkeolog dan sejarawan, serta Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI yang ada di Jawa Timur.

“Urutan dari kejadian tidak saya otak-atik, karena sekali lagi itu adalah sejarah. Seperti membaca, seperti masuk ke kelas sejarah tanpa dibumbui terlalu banyak,” kata Mhyajo.

Opera Gayatri, jelas dia, bertujuan mengedukasi masyarakat tentang sejarah kerajaan besar nusantara, sehingga tidak banyak improvisasi dalam penyusunan cerita.

“Untuk cerita-ceritanya sendiri, penambahan-penambahan atau improvisasinya seperti mengalir. Literasi-literasi dan narasumber yang kami tampung, saya bisa bilang bahwa 80 persen adalah pakem,” ujar dia.

Peringatan berdirinya Majapahit

Kerajaan Majapahit yang menjadi latar cerita dalam Opera Gayatri Sri Rajapatni merupakan imperium di wilayah Nusantara pada ke-13 hingga abad ke-16 masehi.

Berdirinya Majapahit ditandai dengan sengkalan Purneng Kartika Masa Pancadasi pada tanggal 15 bulan Kartika tahun 1215 Saka, atau tanggal 12 bulan November tahun 1293 dalam kalender Masehi.

Dengan banyaknya artefak dan berbagai peninggalan arkeologis yang ditemukan, pusat Kerajaan Majapahit diyakini berada di wilayah Kabupaten Mojokerto, khususnya di sebagian besar wilayah Trowulan.

Sekretaris Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Fitra Arda, mengatakan, era Majapahit pada masa klasik menandai ideologi politik baru untuk mengikat teritori Nusantara dalam satu kesatuan pemerintahan (kerajaan). 

Ideologi kesatuan pada imperium Majapahit merupakan jiwa dari konstelasi politik pemerintahan bertajuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lahir di masa modern Nusantara. 

Dia menjelaskan, Opera Majapahit: Gayatri Sri Rajapatni menjadi bagian penting dalam menguatkan identitas serta menjaga nilai-nilai keluhuran budaya Majapahit melalui aktualisasi pentas atau ekspresi seni budaya dengan mengangkat salah satu tokoh penting Majapahit, Rajapatni Gayatri.

Pementasan Opera Gayatri di tanah kelahirannya, diharapkan bisa menginspirasi masyarakat dalam berbagai upaya pelestarian budaya untuk mewujudkan ketahanan budaya.

"Ini salah satu bentuk mengaktualkan tokoh-tokoh masa lalu yang sebetulnya sangat menginspirasi kita semuanya, melalui langkah-langkah atau dalam bentuk kekinian,” kata Fitra Arda, di Trowulan, Mojokerto, Sabtu.

Dia menjelaskan, Opera Gayatri merupakan bagian dari kegiatan peringatan hari Majapahit bertajuk Gaung Sakala Bhumi Majapahit “Merawat Peradaban Majapahit” 2023.

“Jadi Gaung Sangkala Majapahit ini bukan sekadar memperingati, tapi momentum bagi kita membangun dan membangkitkan keterikatan pada siapapun dengan peninggalan-peninggalan Majapahit. Ini sebagai upaya mewujudkan ketahahanan budaya,” ujar Fitra Arda.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/05/154250278/kisah-perempuan-agung-di-balik-kejayaan-majapahit-dalam-pementasan-opera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke