Salin Artikel

Tegangnya Duel Maut 30 Menit Antara Kakak-Adik Lansia di Blitar, 1 Orang Tewas

KOMPAS.com - Duel maut antara dua pria lansia di Dusun Salam, Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, berlangsung menegangkan.

Saat peristiwa itu terjadi pada Sabtu (28/10/2023) malam, tak ada warga yang berani melerai.

"Warga takut. Terutama warga takut pada Pak Kadir yang dikenal temperamental,” ujar Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Blitar Kota AKBP Danang Setyo PS, Minggu (29/10/2023).

Kadir (68) merupakan salah satu sosok yang terlibat dalam perkelahian tersebut. Dia berduel dengan adik kandungnya, Kasiran (62).

Pertengkaran kakak-beradik itu berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Di akhir duel, Kasiran meninggalkan tubuh kakaknya yang tergeletak di tanah.

Ia lantas mendatangi warga untuk mengobati luka di kepalanya.

"Kasiran mendapatkan pengobatan atas luka robek di kepala bagian kiri dan bagian punggung. Ada 5 jahitan di kepala dan 5 di punggung," ucapnya.

Adapun kakak Kasiran, Kadir, meninggal di tempat kejadian perkara (TKP).

Mujib pun mengetahui kejadian itu saat sejumlah warga mendatangi rumahnya untuk melaporkan adanya perkelahian antara Kadir dan Kasiran.

"Saya akhirnya ke lokasi kejadian, tapi saya minta warga lain juga harus menemani saya. Saya sendiri terus terang takut kalau menghadapi Pak Kadir," ungkapnya, Minggu.

Akan tetapi, ketika Mujib tiba di lokasi duel maut, yakni di pekarangan antara rumah Kadir dan Kasiran, perkelahian telah selesai. Di sana, Mujib melihat tubuh Kadir tergolek.

"Saya masih tidak berani mendekati Pak Kadir. Akhirnya Pak Kadus datang dan memeriksa denyut nadi Pak Kadir. Katanya, denyut nadinya lemah atau mungkin sudah meninggal," tutur Mujib.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setyo PS menuturkan, pertikaian kakak-adik tersebut bermula saat Kadir mendatangi rumah Kasiran sekitar pukul 21.00 WIB. Untuk diketahui, rumah dua saudara kandung itu berdekatan.

"Korban marah-marah kepada Kasiran, adiknya. Penyebabnya, korban menuduh Kasiran berbicara jelek tentang korban dengan orang lain. Kata orang sini, ‘ngerasani’," jelasnya, Minggu.

Kedua orang itu lantas terlibat cekcok, hingga akhirnya Kadir menyerang Kasiran memakai balok kayu yang dibawanya dari rumah.

Setelahnya, dua saudara kandung tersebut saling serang. Perkelahian disebut berlangsung lama, sekitar 30 menit.

Duel berakhir ketika Kasiran melukai kepala sang kakak menggunakan benda tumpul.

Danang mengungkapkan, berdasarkan penyelidikan sementara, duel maut ini dipicu oleh persoalan sepele yang tidak jelas kebenarannya.

Usai kejadian tersebut, Kasiran dibawa ke kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Nglegok untuk diperiksa.

Menurut Danang, polisi belum menetapkan Kasiran sebagai tersangka atas duel maut yang membuat Kadir kehilangan nyawa. Danang berjanji akan segera menyampaikan perkembangan penyelidikan.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Asip Agus Hasani | Editor: Andi Hartik, Farid Assifa)

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/30/140000378/tegangnya-duel-maut-30-menit-antara-kakak-adik-lansia-di-blitar-1-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke