Salin Artikel

Pemkot Malang Siapkan Rp 480 Juta untuk Pemasangan Portal di 2 Titik Pelintasan KA

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, menganggarkan Rp 480 juta untuk pemasangan portal penjagaan di dua titik pelintasan kereta api.

Dua titik pelintasan itu berada di Jalur Pelintasan Langsung (JPL) Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun dan di Jalan Plaosan, Kecamatan Blimbing.

"Dua titik ini akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah, dalam hal ini Pemkot Malang. Kami harapkan nantinya ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman, atau keselamatan kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Widjaja Saleh Putra Jaya saat dihubungi pada Minggu (29/10/2023).

Menurutnya, pemasangan portal penjagaan di pelintasan kereta api akan dilakukan secara bertahap. Selain dari Pemkot Malang, pemasangan portal juga akan dilakukan oleh Pemprov Jatim.

Sebab, data Dishub Kota Malang menunjukkan masih ada 11 titik pelintasan kereta api di Kota Malang yang belum terpasang portal.

"Kemudian, dua dari provinsi, untuk yang tiga sudah ditutup oleh Balai Teknik Kereta Api Kementerian Perhubungan, karena tidak memenuhi syarat. Selanjutnya, yang tiga ditutup dan sisanya akan kita lakukan secara bertahap. Namun, untuk target di tahun 2024 mendatang nanti kita belum bisa menjanjikan. Lihat kondisi," katanya.

Dishub Kota Malang juga berencana bekerja sama dengan masyarakat sekitar pelintasan untuk menjadi petugas jaga. Rencananya, petugas jaga portal tersebut akan diberi honorarium oleh Pemkot Malang.

"Nanti itu bisa dikoordinasi oleh Pak RW, Pak Lurah, agar petugas yang menjaga itu dapat perhatian. Tapi mudah-mudahan Pemkot Malang akan memfasilitasi mengenai honorarium pada mereka," katanya.

Pihaknya berharap, nantinya pemasangan portal pelintasan kereta api dapat memberikan rasa aman kepada para pengendara.

Selain itu, juga mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti risiko terjadinya kecelakaan.

"Kami harapkan, jangan sampai terjadi seperti yang terakhir terjadi di Lamongan, ada kejadian di sana satu keluarga hilang nyawa karena tidak ada penjaganya, di perlintasan rel kereta. Maka ini perlu diupayakan dari pemerintah untuk bertanggung jawab," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/29/201806378/pemkot-malang-siapkan-rp-480-juta-untuk-pemasangan-portal-di-2-titik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke