Salin Artikel

Truk Muatan Gas SNG Kosong Terbakar di Tol KLBM, Tidak Ada Korban Jiwa

GRESIK, KOMPAS.com - Truk bernomor polisi D 9300 YB yang dikemudikan oleh Nazarin Nyarianto (53) warga Blora, Jawa Tengah, terbakar di jalan tol KLBM (Manyar-Mojokerto) yang termasuk wilayah Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Gresik, Jawa Timur.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik Agustin Halomoan Sinaga mengatakan, beruntung insiden yang dialami truk bermuatan gas alam sintesis (SNG) tersebut cepat dilaporkan, sehingga kebakaran yang terjadi sekitar pukul 23.23 WIB, Jumat (27/10/2023) dapat segera dilakukan penanganan.

"Kejadian Jumat malam, laporan masuk pukul 23.23 WIB. Kemudian anggota berangkat menuju lokasi, dengan proses selesai (pemadaman) Sabtu dini hari pukul 00.28 WIB," ujar Sinaga, Sabtu (28/10/2023).

Sinaga menjelaskan, truk yang dikemudikan oleh Nazarin tersebut berjalan dari Kediri, bermaksud untuk melakukan pengisian gas SNG di Gresik melalui jalan tol KLBM.

Pada saat melaju truk cukup kencang, hingga kemudian melakukan pengereman. Namun kondisi rem sedikit macet, hingga kemudian muncul percikan api akibat gesekan.

"Pengemudi truk panik, apalagi truk sedikit oleng. Lalu truk dihentikan, bermaksud dilakukan penanganan pertama pemadaman," ucap Sinaga.

Namun keinginan tidak terwujud, sebab alat pemadam kebakaran yang berada di truk tidak ditemukan lantaran sedang diperbaiki. Sehingga Nazarin kemudian meminta bantuan kepada pengemudi lain yang tengah melintas, untuk dapat segera menghubungi petugas pemadam kebakaran guna meminta bantuan.

"Setelah personel tiba di lokasi, mereka langsung melakukan pemadaman yang dilanjutkan dengan pembasahan. Tidak sampai ada korban jiwa dalam insiden kebakaran yang terjadi," kata Sinaga.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/28/163445378/truk-muatan-gas-sng-kosong-terbakar-di-tol-klbm-tidak-ada-korban-jiwa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke