Salin Artikel

Penampakan Enceng Gondok Tutup Permukaan Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro Sepanjang 5 Km

Peristiwa tersebut terjadi sejak dua hari lalu dan jumlah enceng gondok terus bertambah. 

Seorang warga sekitar sungai Bengawan Solo bernama Rizki mengatakan, enceng gondok di Sungai Bengawan Solo muncul dalam jumlah yang banyak. 

"Saking banyaknya enceng gondok, permukaan air Bengawan Solo hampir tidak tampak," kata Rizki kepada Kompas.com, Jumat (27/10/2023). 

Menurutnya, permukaan air sungai Bengawan Solo yang tertutup enceng gondok sepanjang 5 kilometer mulai dari Jembatan Sukomalo. 

"Kurang lebih ada 5 kilometer panjangnya," ujarnya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Maryadi Utama membenarkan adanya tanaman enceng gondok yang menumpuk di aliran Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro. 

"Iya benar ada banyak enceng gondok yang menumpuk di sekitar bendung gerak Karangnongko, Bojonegoro," kata Maryadi Utama, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (27/10/2023).

Maryadi Utama menjelaskan, tanaman enceng gondok tersebut muncul dari arah hulu sungai Bengawan Solo dan menumpuk di wilayah Kabupaten Bojonegoro. 

Keberadaan air sungai Bengawan Solo yang saat ini juga kotor dan tercemar membuat tanaman enceng gondok tumbuh subur di sepanjang aliran sungai. 

"Kalau asalnya enceng gondok bisa dari hulu dan faktor air sungai yang tercemar membuatnya tumbuh subur," ungkapnya.

Maryadi Utama menyampaikan, pembersihan akan segera dilakukan oleh pemerintah setempat dan petugas pengelolaan jasa tirta (PJT) selaku pengendali pintu air Bengawan Solo di Bojonegoro.

"Kami sudah komunikasi dengan pemerintah setempat untuk melakukan pembersihan enceng gondok agar tidak mengganggu," tuturnya. 

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/27/192003378/penampakan-enceng-gondok-tutup-permukaan-sungai-bengawan-solo-di-bojonegoro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke