Salin Artikel

Kebakaran Hutan Gunung Lawu Sisi Selatan Padam Setelah Diguyur Hujan

MAGETAN,  KOMPAS.com  – Kebakaran hutan Gunung Lawu sisi selatan di Kecamatan Palosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, padam setelah diguyur hujan lebat selama lebih dari satu jam pada Minggu (22/10/2023).

Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Eka Wahyudi mengatakan, hujan deras mengguyur kawasan Cemoro Sewu pada Minggu sekitar pukul 15.00 WIB.

"Kemarin hujan turun cukup deras sekitar satu jam lebih di kawasan hutan yang terbakar. Dari pantauan visual dan satelit, titik apinya sudah tidak terlihat,” kata Eka melalui sambungan telepon, Senin (23/10/2023).

Eka menambahkan, meski dari pantauan satelit sudah tidak ada titik api, namun hari ini pihaknya masih memastikan apakah titik api sudah benar-benar padam setelah diguyur hujan selama 1 jam.

“Kita akan turunkan tim untuk melakukan pemantauan di lokasi titik kebakaran apakah titik api benar-benar padam dengan hujan 1 jam kemarin,” imbuhnya.

BPBD Kabupaten Magetan rencananya akan menutup pos pemadaman kebakaran yang ada di jalur pendakian Cemoro Sewu.

Sementara pos upaya penanganan pemadaman kebakaran Gunung Lawu di Kelurahan Sarangan masih akan dibuka untuk melakukan pemantauan kondisi kebakaran Gunung Lawu.

“Hari ini rencananya untuk pos pembantu di Cemoro Sewu akan ditutup, tetapi untuk pos di kelurahan Sarangan akan masih tetap dibuka untuk memastikan upaya pemadaman kebakaran hutan di Gunung Lawu telah padam sepenuhnya,” pungkas Eka.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/23/112526078/kebakaran-hutan-gunung-lawu-sisi-selatan-padam-setelah-diguyur-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke