Salin Artikel

Pj Bupati Probolinggo Sediakan Lapor Kand4 sebagai Saluran Masyarakat Mengadu Semua Hal

Lapor Kand4 merupakan inovasi Pj Bupati untuk menerima laporan pengaduan dan saran dari masyarakat untuk Pemkab Probolinggo.

Launching tersebut diwarnai penekanan tombol sirene oleh Pj Bupati bersama para forkopimda disaksikan sekitar ratusan undangan, termasuk Pj Bupati Maluku Tengah bersama rombongan.

Ugas mengatakan, melalui Lapor Kand4 seluruh masyarakat bisa mengadu dan memberikan saran serta masukan.

"Seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo bisa melapor dan mengadukan pelayanan Pemkab Probolinggo."

"Ada tiga petugas selama 24 jam menampung laporan. Pengaduan itu nantinya ditindaklanjuti oleh Pemkab Probolinggo melalui organisasi perangkat daerah atau OPD masing-masing," kata Ugas.

Lapor Kand4 bisa merespon semua urusan, mulai infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kamtibmas.

Semua urusan yang berkaitan dengan masyarakat, Pemkab siap dikritik dan menampung saran.

"Call center ini sesungguhnya bertujuan agar pemerintah dekat dengan masyarakat. Lapor Kand4 ini juga berfungsi bahwa masyarakat juga mengawasi kepala OPD dan camat," jelas Ugas.

Inovasi juga menjadi sarana bagi Ugas untuk berkomunikasi langsung dengan rakyat.

Ugas mencontohkan salah satu laporan dari warga melalui Lapor Kand4.

Ada salah satu warga yang masih dikenai biaya oleh pihak rumah sakit, setelah laporannya ditindaklanjuti ternyata pasien tersebut masih menanggung iuran BPJS sehingga petugas kemudian memberikan arahan dan petunjuk untuk menyelesaikan urusan tersebut.

Laporan lainnya terkait kerusakan infrastruktur jalan. Pernah di suatu lokasi warga melapor.

Setelah ditindaklanjuti, ternyata kerusakan jalan di depan rumahnya akibat truk yang melintas terkait proyek tol sehingga pemkab meminta pihak tol memperbaiki jalan tersebut.

Ugas juga menyinggung call center 112 yang hanya bersifat emergency. Berbeda dengan Lapor Kand4, yang dikhususkan bagi masyarakat untuk mengadukan seluruh pelayanan Pemkab Probolinggo.

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana yang memberikan sambutan dalam launching tersebut menegaskan siap bersinergi dan mendukung Pj Bupati Probolinggo utamanya inovasi Lapor Kand4.

Wisnu mengungkapkan bahwa pihaknya juga memiliki call center halo Pak Kapolres Probolinggo.

"Lapor Kand4 dan halo Pak Kapolres Probolinggo ini bisa bersinergi untuk membangun Kabupaten Probolinggo dengan lebih efektif, efisien dan berwibawa."

"Halo Pak Kapolres tujuannya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kami dukung penuh upaya Pj Bupati Probolinggo ini," ujar Wisnu.

Plt Kepala Diskominfo Heri Mulyadi menjelaskan, Call Center Lapor Kand4 berbasis pesan singkat melalui WhatsApp dengan nomor layanan 0821 31 001 001.

Inovasi ini melengkapi slogan kerja Bus Patas.

Melalui Lapor Kand4, Pemkab Probolinggo membuka akses selebar-lebarnya kepada masyarakat menyampaikan laporan, aduan, nasehat, menyampaikan masukan dan konsultasi terkait pelayanan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Probolinggo.

"Pemkab dapat mendengarkan secara langsung keluhan masyarakat dan segera menindaklanjuti. Dengan inovasi ini Pemkab Probolinggo akan lebih dekat dengan masyarakat," ujar Heri.

Launching tersebut dihadiri 150 undangan, terdiri dari para kepala OPD, camat, LSM, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, forum wartawan dan segenap elemen masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Dari forkopimda hadir Dandim 0820 Letkol Heri Budiasto, ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo, ketua Pengadilan Negeri, dan Kapolres Probolinggo Wisnu Wardana.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/21/114336978/pj-bupati-probolinggo-sediakan-lapor-kand4-sebagai-saluran-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke