Salin Artikel

Lereng Gunung Wilis Terbakar, Diduga akibat Puntung Rokok yang Dibuang Sembarangan

MADIUN, KOMPAS.com - Kebakaran melanda kawasan hutan di lereng Gunung Wilis yang berada di Dusun Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, sejak Sabtu (14/10/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun, Boby Saktia Putra Lubis menyatakan, kebakaran terjadi di hutan lereng Gunung Wilis di petak 27 RPH Gligi BKPH Wilis Utara, KPH Lawu DS.

“Kebakaran hutan dan lahan di lokasi itu dilaporkan sejak Sabtu (14/10/2023) sekitar pukul 13.30 WIB,” kata Boby saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (16/10/2023).

Boby mengatakan, kebakaran itu diketahui saat petugas Perhutani melakukan patroli rutin. Petugas bersama tim BPBD dan relawan langsung melakukan upaya pemadaman api di lokasi kejadian.

Untuk pemadaman, kata Boby, petugas membuat sekat bakar. Selain itu, petugas langsung memadamkan api dengan menggunakan teknik gepyok atau memukul api dengan ranting.

Menurut Boby, pemadaman tidak dapat dilakukan dengan siraman air lantaran jauh dari sumber air. Terlebih, lokasi kebakaran hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua.

"Kendala kami lokasi hutan yang terbakar jauh dari sumber air. Untuk menuju ke lokasi hanya bisa menggunakan kendaraan bermotor roda dua," ungkap Boby.

Boby menuturkan, kondisi saat ini, api yang membakar lahan dan rerumputan sudah padam. Tidak dilaporkan adanya korban jiwa dan korban luka.

Ia mengatakan, kebakaran diduga dipicu ulah oknum warga yang membuang puntung rokok sembarangan. Hal itu mengakibatkan api puntung rokok membakar semak belukar dan rerumputan di kawasan hutan tersebut.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/16/171317378/lereng-gunung-wilis-terbakar-diduga-akibat-puntung-rokok-yang-dibuang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke