Salin Artikel

Kebakaran di Lereng Gunung Argopuro Akhirnya Padam, Petugas Antisipasi Karhutla Susulan

SITUBONDO, KOMPAS.com - Karhutla terjadi di lereng Gunung Argopuro di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur sejak Jumat (13/10/2023). Pemadaman dilakukan bersama warga karena kondisi medan yang sulit diakses.

Koordinator Pusadalop BPBD Situbondo Puriyono menyatakan kebakaran di Desa Baderan sulit ditangani karena medan yang curam. Sehingga mobil pemadam kebakaran tidak bisa menuju ke lokasi.

"Terhitung petugas kami dua hari menangani kebakaran di lokasi (lereng Gunung Argopuro), kondisi medannya sulit diakses," kata Puriyono kepada Kompas.com, Sabtu (14/10/2023).

Dia juga menyatakan akibat kondisi medan yang sulit dan peralatan yang terbatas, pemadaman dilakukan secara manual yakni mematikan api dengan dipukul-pukul pakai kayu.

"Api mulai reda pukul 10 pagi tadi, ya mungkin sudah padam, tinggal tersisa bara api pembakaran kayu, bara api itu yang bisa memunculkan api kembali," katanya.

Menurutnya, kemarau panjang yang terjadi sekarang menjadi salah satu faktor kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Argopuro.

Tidak hanya itu, kondisi angin yang kencang turut berkontribusi meluasnya kebakaran.

"Lokasi kebakaran itu di tengah-tengah mendekati jalur pendakian, namun tidak sampai," terangnya.

Pihak BPBD Situbondo, Perhutani, Polsek Sumbermalang, masyarakat setempat sedang bersiaga untuk mencegah meluasnya api mendekati ke permukiman warga.

"Petugas ke lokasi mengggunakan kendaraan trail, cuma lokasinya terus naik ke atas, tidak bisa berboncengan, kami sekarang juga memantau pakai satelit Mas, mau tidak mau, karena kondisinya sulit," katanya.

Untuk data sementara luas kebakaran di lereng Gunung Argopuro kurang lebih 10 hektar. Namun jika api kembali membesar tidak menutup kemungkinan dampak kerugian terus bertambah.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/14/171651778/kebakaran-di-lereng-gunung-argopuro-akhirnya-padam-petugas-antisipasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke