Salin Artikel

Hutan TN Bromo Tengger Semeru Lumajang Kembali Terbakar

LUMAJANG, KOMPAS.com - Kebakaran hutan kembali terjadi di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sabtu (14/10/2023).

Kebakaran diketahui mulai terjadi pada Jumat (13/10/2023) sekitar pukul 06.00 WIB.

Titik kebakaran berada di Blok Ayek-ayek dan Sentong. Tepatnya di jalur pendakian lama atau jalur evakuasi pendakian Gunung Semeru.

Pantauan Kompas.com dari sekitar Resort TNBTS di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tampak asap membumbung tinggi diantara lembah gunung.

Komandan Kodim 0821 Letkol Czi Gunawan Indra membenarkan ada kebakaran di kawasan TNBTS. Menurutnya, kebakaran di TNBTS murni karena faktor alam.

"Iya ada kebakaran di sekitar Ranupani, informasi dari TNBTS kebakaran ini murni karena faktor alam," kata Gunawan di Lumajang, Sabtu (14/10/2023).

Gunawan menyebut, saat ini petugas tengah berjibaku memadamkan api dan melakukan tindakan pencegahan agar api tidak meluas.

"Petugas sudah ada di lapangan untuk memadamkan api, kami juga sudah perintahkan anggota untuk melakukan tindakan pencegahan agar api tidak meluas dan kebakaran tidak terjadi lagi," terangnya.

Sampai berita ini ditulis, belum diketahui luasan hutan yang terbakar di TNBTS Blok Ayek-ayek dan Sentong.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/14/152147578/hutan-tn-bromo-tengger-semeru-lumajang-kembali-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke