Salin Artikel

Lereng Gunung ArgopuroTerbakar, 10 Hektar Hutan Hangus

SITUBONDO, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di lereng Gunung Argopuro yang terletak di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada Jumat (13/10/2023) pukul 18.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Sruwi Hartanto menyatakan, api mulai muncul sejak sore dan mulai terlihat mendekat pukul 18.00 WIB. Sejak saat itu, petugas Perhutani dan masyarakat melakukan pemadaman.

"Saat itu petugas dan masyarakat melakukan pemadaman secara manual, digepyok (api dipukul pakai kayu)," kata Sruwi, Sabtu (14/10/2023).

Menurutnya, kebakaran berada di lokasi yang terjal dan cukup jauh. Hal ini menyulitkan petugas dalam pemadaman. Sampai saat ini, api masih terus dan belum berhasil dipadamkan.

Personel yang memantau api terus bertambah seperti anggota Polsek Sumbermalang, Koramil, dan Tagana Kabupaten Situbondo. Tidak ada korban dalam kebakaran tersebut karena lokasi kebakaran masih cukup jauh dari permukiman penduduk.

"Api terus ada dan sulit dipadamkan karena berada di kemiringan tebing yang terjal," terangnya.

Sruwi belum mengetahui pasti penyebab kebakaran itu. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat pengaruh musim kemarau yang panjang.

"Kebakaran hutan untuk tadi malam kurang lebih 10 hektar yang terbakar, pihak Perhutani sekarang juga melakukan pemantauan api," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/14/063156078/lereng-gunung-argopuroterbakar-10-hektar-hutan-hangus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke