Salin Artikel

Ganjar Pranowo Kenang Sosok KH Ahmad Hasyim Muzadi Saat Kunjungi Ponpes Al Hikam di Malang

Ganjar disambut langsung oleh Ketua Yayasan Al Hikam KH Abdul Hakim Hidayat, yang juga anak dari (alm) KH Ahmad Hasyim Muzadi, dan Direktur Pesantren Al Hikam KH Muhammad Nafi.

Perbicangan di antara Ganjar dengan keluarga KH. Ahmad Hasyim Muzadi tampak hangat. 

Ganjar pun mengenang sosok KH. Ahmad Hasyim Muzadi yang dia sebut memberi banyak kebaikan dan ilmu kepadanya.

"Seperti tadi diceritakan oleh keluarga, banyak sekali, karena saya ada kedekatan dengan beliau. Jadi ini silaturahmi bertemu dengan keluarganya, ada pesan dari keluarganya. Alhamdulillah setiap silaturahmi selalu ada sesuatu yang membuat nilai-nilai persaudaraan kita menjadi lebih baik," kata Ganjar pada Jumat (13/10/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengatakan, KH Ahmad Hasyim Muzadi sempat memberikan khotbah tolok ukur haji mabrur ketika telah pulang ke tanah air.

Namun, setelah itu ternyata ada pesan keluarga (alm) KH Ahmad Hasyim Muzadi, yang ingin disampaikan ke Ganjar, tetapi belum tersampaikan hingga akhirnya baru bertemu di Malang pada Jumat ini.

"Jadi pernah saya sama Pak Ahmad Basara ini naik haji di tahun 2012 dan saya ingat betul beliau waktu itu sebagai Amirul Hajj juga memberikan khotbah yang bagus sekali saat itu. Kata beliau bisa dikatakan haji mabrur, kalau sepulang itu ada kesalehan sosial pada dirimu. Itu menurut saya ilmu yang luar biasa supaya orang menjadi lebih baik," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/13/160052078/ganjar-pranowo-kenang-sosok-kh-ahmad-hasyim-muzadi-saat-kunjungi-ponpes-al

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke