Salin Artikel

Anies Baswedan Angkat Bicara soal Wacana Menag Atur Kampanye di Ponpes

Menurut Anies, semua kegiatan selama tidak melanggar konstitusi tidak ada yang perlu dipersoalkan.

"Semua harus sesuai konstitusi, dan konstitusi kita menggariskan bahwa ada kebebasan untuk berekspresi, kebebasan untuk menjalankan hak politiknya," ungkapnya usai berkunjung ke Pondok Pesantren Asy-Syadzili, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Minggu (8/10/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu justru ingin memberikan perhatian lebih ke pondok pesantren di Indonesia karena berperan  mendidik santri-santri, jauh sebelum Indonesia merdeka.

Namun saat ini, Anies mengklaim pemerintah kurang memperhatikan pondok pesantren.

Menurutnya, ketimpangan antara pendidikan negeri dan swasta di pondok pesantren cukup terasa.

"Pendidikan negeri dan swasta coba dibandingkan dari dukungan pemerintah. Saya dan Gus Imin (Muhaimin Iskandar) sudah komitmen akan memberikan perhatian ekstra ke pondok pesantren supaya terfasilitasi dengan baik," tuturnya.

Selama ini, Anies menyebut pondok pesantren hanya kerap dikunjungi oleh para calon pemimpin hingga calon legislatif, ketika akan Pemilu.


Namun ketika pemilu sudah selesai, maka para calon yang sudah jadi kembali lupa ke pondok pesantren.

"Kita sering kali melihat ketika menjelang Pemilu pondok pesantren didatangi semua, tapi setelah Pemilu semua lupa kalau pernah datang," ungkap dia.

Lebih lanjut, Anies menegaskan, pemerintah seharusnya berterima kasih dan memberikan perhatian lebih kepada pondok pesantren.

Pasalnya, pondok pesantren telah memberikan pendidikan kepada seluruh anak-anak Indonesia yang belum tentu sanggup dilakukan oleh negara.

"Cara paling sederhana untuk mengucapkan terima kasih adalah dengan mendukung fasilitas yang lebih baik untuk pondok-pondok semua yang ada di Indonesia," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/10/08/221338878/anies-baswedan-angkat-bicara-soal-wacana-menag-atur-kampanye-di-ponpes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke