Salin Artikel

Kisah Biarawati NTT Kuliah di Universitas NU, Jadi Terkenal dan Banyak Teman

SURABAYA, KOMPAS.com - Seorang biarawati asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Margaretha Kolo (29) berhasil menuntaskan studinya di kampus Islam, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa).

Perempuan yang akrab disapa Eta itu mengatakan, sedari awal memang berencana berkuliah dengan mengambil prodi Ilmu Gizi di Surabaya pada 2019 silam. Dia pun mengunjungi kampus yang memiliki jurusan itu.

"Pertama kali tiba di Surabaya, itu umur 25 tahun, karena harus mengikuti pendidikan jadi biarawati dulu," kata Eta, ketika dihubungi melalui telepon, Jumat (29/9/2023).

Eta sebenarnya sudah mendaftarkan diri ke salah satu perguruan tinggi swasta, namun mengurungkan niatnya. Akhirnya, dia kembali mencari kampus lain yang memiliki prodi serupa.

"Saya coba keliling ke kampus itu, tapi hati saya tidak tertarik, padahal sudah membayar pendaftaran. Akhirnya diberi saran teman ada kampus lain, tapi Islam, tapi NU kok kata dia," jelasnya.

Akhirnya, Eta bersama temannya dengan mengenakan seragam biarawati memutuskan untuk mendatangi kampus Unusa di Jalan Raya Jemursari. Sejumlah orang di sana pun sempat bertanya-tanya.

"Mungkin orang di Unusa jarang didatangi biarawati, jadi orang pada melihat ke kita, tapi tetap beranikan diri masuk. Tapi saya berharap diterima," ucapnya.

Ketika itu, kata Eta, salah satu petugas kampus di loket pendaftaran mahasiswa baru bertanya mana orang yang mau berkuliah. Selain itu, karyawan itu juga menanyakan keyakinanya untuk berkuliah.

"Saya jawab kalau saya yang mau mendaftar berkuliah, mbaknya penasaran apakah setiap hari pakai baju ini (biarawati), ya saya jawab kami memang diwajibkan pakai pakaian ini," ujar dia.

Tak butuh waktu lama, perempuan yang sebelumnya tinggal di gereja katolik Palangkaraya, Kalimantan Tengah, itu langsung diterima oleh pihak kampus untuk berkuliah.

Proses perkuliahan

Eta mengungkapkan kesulitan pertamanya saat mulai kuliah di kampus Unusa bagi mahasiswa baru. Sebab, ketika itu seluruh mahasiswa perempuan diwajibkan mengenakan baju putih dan kerudung.

"Karena saya tidak bisa mengenakan pakaian mereka, akhirnya saya melepas jubah saya dan menggantinya pakai baju putih celana hitam," katanya.

Selama PPKMB, Eta sama sekali tak menemukan hambatan bersosialisasi bersama mahasiswa baru lainya. Bahkan, dia memiliki banyak teman selama masa pengenalan kampus tersebut.

"Ketika itu saya hanya kenalan sebagai mahasiwa dari NTT, belum terlalu cerita soal latar belakang (biarawati), kita akrab saling menyapa. Ketika itu sudah merasa diterima dari awal," jelasnya.

Nama Eta pun semakin terkenal di kalangan mahasiswa selama menjalani perkuliahan di Unusa. Sebab, mayoritas warga kampus akhirnya mengetahui latar belakangnya sebagai biarawati.

"Banyak yang tiba-tiba menyapa, Kak Eta ya, yang biarawati itu, saya jawab iya. Banyak teman-teman yang penasaran dengan latar belakang saya," ucapnya.

Eta mengungkapkan, sempat mengikuti mata perkuliahan agama Islam selama menempuh pendidikan di Unusa. Namun, dia diberi keistimewaan untuk mempelajari dari permukaannya saja.

"Saya mengikuti itu. Tapi kalau teman-teman harus menulis bahasa Arab, praktik shalat itu harus benar, sedangkan saya tugasnya menulis ayat (Al Quran) tapi dalam bahasa Indonesianya," ujar dia.

Selama berkuliah, Eta mengaku memetik banyak sekali pelajaran di luar mata perkuliahan. Seperti, bagaimana ajaran agama Islam yang baik, serta menempatkan diri sebagai minoritas.

"Untuk teman-teman minoritas jangan ragu untuk masuk ke dunia orang mayoritas. Kalau kamu mengayomi orang lain, orang lain akan mengayomi kamu," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/29/143051778/kisah-biarawati-ntt-kuliah-di-universitas-nu-jadi-terkenal-dan-banyak-teman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke