Salin Artikel

Ditunjuk Jadi Pj Bupati Jombang, Kepala BIN Sulawesi Barat Pulang Kampung

JOMBANG, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menunjuk Sugiat, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Barat, sebagai Penjabat Bupati Jombang, Jawa Timur.

Setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Minggu (24/9/2023), Sugiat mulai tampil di hadapan publik dan memulai aktivitasnya sebagai Pj Bupati Jombang.

Pada hari pertama setelah dilantik sebagai Pj Bupati Jombang, Sugiat tampak mengikuti rombongan yang mengantarkan kepulangan Bupati Jombang Periode 2018 - 2023 Mundjidah Wahab, dari rumah dinas bupati Jombang ke kediaman pribadinya.

Mundjidah yang telah purna tugas sebagai Bupati Jombang, boyong dari rumah dinas ke rumah pribadinya yang berada di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Senin (25/9/2023).

Di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Mundjidah memperkenalkan Sugiat kepada keluarga besarnya, masyarakat dan para santri yang menyambut kepulangan dirinya dari rumah dinas bupati Jombang.

Selain diperkenalkan, Sugiat juga didapuk untuk menyampaikan sambutan.

Dalam sambutannya, Sugiat menyebut penugasan dirinya sebagai Pj Bupati Jombang telah memberinya kesempatan untuk pulang kampung.

Pria kelahiran Jombang pada 6 Mei 1967 itu telah meninggalkan kota kelahirannya sejak 1988, setelah menyelesaikan pendidikan tingkat SMA.

Sugiat yang bergabung sebagai anggota BIN telah bertugas di berbagai daerah. Terakhir, dia bertugas sebagai Kepala BIN Daerah Sulawesi Barat.

"Belum ada satu tahun, ditunjuk sebagai Pj Bupati Jombang, jadi saya bisa pulang kampung," kata Sugiat di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Senin (25/9/2023).

Terpilihnya Sugiat sebagai Pj Bupati Jombang cukup mengejutkan berbagai kalangan di Kabupaten Jombang.

Apalagi, namanya tidak termasuk dalam daftar calon Pj Bupati Jombang yang diusulkan DPRD Jombang dan Gubernur Jawa Timur.

Sebagai putra daerah, Sugiat yang keluarga besarnya berada di Desa Japanan dan Blimbing, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, berjanji akan menuntaskan amanahnya dengan baik.

"Dengan ditugaskan di sini, memang saya niatkan sebagai putra daerah harus bisa berhasil untuk membangun Jombang," ujar Sugiat.

Dengan batas waktu jabatan selama satu tahun sebagai Pj Bupati Jombang, Sugiat menyatakan akan berusaha maksimal untuk menjadi pelayan dan pengayom yang baik bagi masyarakat Kabupaten Jombang.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/26/071427978/ditunjuk-jadi-pj-bupati-jombang-kepala-bin-sulawesi-barat-pulang-kampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke