Salin Artikel

42 Penonton Bawa Miras Diamankan Saat Pertandingan Persebaya Vs Arema di GBT

Kapolsek Pakal Kompol Imam Sholikin mengatakan, sebanyak 42 suporter tersebut didapati hendak memindahkan miras ke botol air minum kemasan di Jalan Jawar, Sumberrejo.

"Mereka memang bertiket tapi bawa minuman beralkohol, sehingga mereka tidak boleh masuk ke dalam stadion," kata Imam, ketika ditemui di Polsek Pakal.

Imam mengungkapkan, seluruh suporter tersebut sempat dilakukan tes kadar alkoholnya, dan menunjukkan positif. Oleh karena itu, mereka langsung dibawa ke Mapolsek Pakal.

"Suporter yang kami amankan itu mulai kami buka gate (pintu stadion) jam 12.00 WIB, sampai pertandingan dimulai. Sanksinya baru dipulangkan saat pertandingan usai," ucapnya.

Sedangkan, kata Imam, barang bukti yang diamankan sebanyak 25 botol miras berjenis arak. Sebagian alkohol yang dibawa tersebut sudah diminum selama perjalanan menuju Stadion GBT.

"Kebanyakan sudah diminum, tapi ketahuan bahwa itu arak, warnanya putih. Ada yang kuning salah satunya, tapi ada yang berbentuk seperti air putih (mineral)," ujar dia.

Diketahui, pertandingan Persebaya Surabaya melawan Arema FC digelar di Stadion GBT, Sabtu (23/9/2023).

Pada putaran pertama, laga tersebut menimbulkan kericuhan di Stadion Kanjuruhan, 1 Oktober 2022, lalu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto mengatakan, dalam pertandingan tersebut, pihaknya akan menerjunkan 4.925 petugas keamanan gabungan dari TNI, Polri dan Pemkot Surabaya.

"Ada petugas keamanan gabungan hampir 5.000 orang yang diturunkan," katanya kepada wartawan di Mapolda Jatim, Kamis (21/9/2023).

Selain pengamanan di lokasi pertandingan, kegiatan penyekatan di perbatasan kota juga dilakukan untuk mengantisipasi kedatangan suporter di luar pendukung Persebaya.

Karena, menurut Dirmanto, pendukung Arema FC tidak hanya berada di wilayah Malang, namun juga ada dari Pasuruan dan daerah lainnya, sama seperti pendukung Persebaya.

"Kami kembali ingatkan untuk suporter Arema, tolong dihormati perjanjian 1996. Bahwa suporter Persebaya dan Arema tidak saling kunjung," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/23/170505478/42-penonton-bawa-miras-diamankan-saat-pertandingan-persebaya-vs-arema-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke