Salin Artikel

Warga Lumajang Antar Bupati dan Wakilnya Pulang ke Rumah Pribadinya

Mereka hendak mengiringi kepulangan Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati ke rumah pribadi masing-masing.

Thoriq, akan pulang ke rumah orang tuanya di Desa Sukosari, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang.

Sedangkan Indah, pulang ke rumah pribadinya di Kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang.

Untuk diketahui, masa jabatan Thoriq-Indah sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang habis pada 23 September 2023.

Dana, salah seorang warga mengaku sedih karena dua sosok pemimpin Lumajang ini telah mengakhiri masa jabatannya pada periode pertama ini.

Menurutnya, baik Thoriq maupun Indah sangat dekat dengan rakyatnya. Mereka selalu menyapa warganya di mana pun bertemu.

"Tidak terasa sudah 5 tahun. Biasanya ketemu di pasar itu pasti disapa, kadang juga ngobrol tanya keluhan masyarakatnya apa, ya kehilangan pasti," kata Dana di Pendopo Arya Wiraraja.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, 5 tahun kepemimpinannya bersama Bunda Indah, ada kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang signifikan.

Awal menjabat pada 2018, IPM Kabupaten Lumajang hanya 64,83 persen. Tahun 2023, IPM Lumajang naik jadi 66,95 persen atau tumbuh 2,12 persen.


Menurut Thoriq, capaian yang diraih Kabupaten Lumajang ini berkat kekompakan semua elemen termasuk masyarakat Kabupaten Lumajang.

Oleh karenanya, Thoriq berpesan, kekompakan dan kerukunan yang selama ini telah dibangun untuk tetap dijaga meski memasuki tahun politik.

"IPM kita naik, ekonomi sudah tumbuh, pengangguran juga sudah turun, ini berkat kekompakan semuanya, saya berpesan untuk terus membangun Lumajang dengan kebersamaan yang sudah baik ini," kata Thoriq.

Tugas Thoriq dan Indah untuk memimpin Lumajang selanjutnya akan digantikan oleh penjabat bupati yang akan diumumkan Minggu (24/9/2023) di Gedung Grahadi Surabaya sekaligus serah terima jabatan.

"Saya optimis PJ akan bekerja dengan baik, melayani untuk masyarakat Lumajang, saya titipkan masyarakat Lumajang kepada beliau," tutup Thoriq.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/23/121106278/warga-lumajang-antar-bupati-dan-wakilnya-pulang-ke-rumah-pribadinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke