Salin Artikel

Bukan Dihapus, Kapolres Sebut CCTV Sekolah Siswi di Gresik Tak Menyala Sebulan Lebih

Hal itu diketahui setelah tim Laboratorium Forensik Polda Jatim melakukan analisis terhadap Digital Video Recorder (DVR) rekaman CCTV yang terdapat di sekolahan korban.

"Hasil dari CCTV yang kami kirim ke Bidlabfor Polda Jawa Timur, CCTV tersebut aktif pada tanggal 1 Juni 2023. Setelah itu, dekoder CCTV tersebut dalam kondisi mati, sehingga tidak merekam aktivitas," ujar Adhitya, saat rilis di kantor Polres Gresik, Kamis (21/9/2023).

Baru pada 18 Agustus 2023, jelas Adhitya, CCTV yang ada di Sekolah Dasar (SD) tempat korban belajar menuntut ilmu kembali dinyalakan.

Sehingga dalam rentang waktu tersebut, tidak ada aktivitas yang direkam dan tersimpan dalam DVR dari enam kamera CCTV yang ada di sekolah.

"Sehingga dalam kurun waktu 1 Juni 2023 sampai 18 Agustus 2023, DVR itu tidak merekam situasi atau kejadian yang ada di lingkungan sekolah," ucap Adhitya.

Adhitya menambahkan, kondisi tersebut sekaligus mematahkan asumsi terdapat rekaman dalam DVR ada yang dihapus.

"Ini dikuatkan dengan data log file yang ada di DVR tersebut, memang tidak ada. Jadi kalau DVR itu dihapus, maka log file-nya akan tetap ada, sedangkan ini memang sama sekali tidak ada," kata Adhitya.

Adhitya menambahkan, poliai sudah memeriksa sebanyak 47 saksi untuk menguak apa yang sebenarnya dialami oleh SAH pada 7 Agustus 2023. Peristiwa penusukan mata itu diduga terjadi di salah satu lorong sekolah, tempat SAH menuntut ilmu.

"Fakta yang kami temukan, dari 47 saksi yang sudah diperiksa, memang sampai saat ini belum ada yang melihat langsung kejadian tersebut (kejadian yang dialami SAH)," tutur Adhitya.

Sebelumnya diberitakan mata murid SD berinisial SAH (8) diduga ditusuk oleh siswa lain dengan pentol bakso di sekolahnya di Kecamatan Menganti. Hal itu dilakukan lantaran pelaku emosi SAH tak menyerahkan uang jajan kepadanya. Mata SAH dinyatakan mengalami gangguan penglihatan.

Orangtua SAH pun melaporkan kasus ini ke Polres Gresik.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/22/075707978/bukan-dihapus-kapolres-sebut-cctv-sekolah-siswi-di-gresik-tak-menyala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke