Salin Artikel

Jembatan Kloposawit yang Putus Diterjang Banjir Lahar Semeru Sudah Bisa Dilintasi

LUMAJANG, KOMPAS.com - Jembatan Kloposawit di Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sudah bisa dilintasi.

Sebelumnya, jembatan penghubung Desa Kloposawit dan Desa Tumpeng di Kecamatan Candipuro ini putus usai diterjang banjir lahar Gunung Semeru pada 7 Juli 2023.

Jembatan Kloposawit merupakan satu dari tujuh jembatan yang dilaporkan rusak akibat terjangan banjir lahar.

Jembatan ini dibangun ulang menggunakan jembatan bailey dengan panjang 39 meter dan lebar 4,2 meter.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, jembatan bailey ini diperkirakan mampu bertahan hingga 50 tahun.

"Jembatan memiliki jarak sekitar 2 meter dengan dasar sungai sehingga diharapkan aman dari terjangan banjir dan bisa bertahan lama," kata Khofifah di Lumajang.

Menurut Khofifah, alasan penggunaan jembatan bailey dibanding jembatan permanen adalah untuk mempersingkat waktu pengerjaan jembatan.

Sebab, jembatan ini menjadi akses utama warga Kloposawit yang hendak bepergian ke pusat kota Lumajang.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah memiliki jembatan bailey dan tinggal memotong jembatan sesuai kebutuhan.

"Awal jembatan ini putus saya dengan Pak Bupati Lumajang hanya bisa melambaikan tangan kepada masyarakat yang ada di seberang dan memang merasakan bahwa jembatan ini sangat penting. Jadi kita ingin ini dilakukan percepatan dan alhamdulillah 2 bulan selesai sehingga masyarakat sudah bisa melintas," ungkap Khofifah.

"Jembatan bailey ini kita sudah punya jadi tinggal dipotong saja sesuai kebutuhan panjang jembatan dan bisa langsung dipasang," lanjutnya.

Khofifah berharap, masyarakat turut serta menjaga dan merawat Jembatan Kloposawit sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

"Kami minta tadi ke masyarakat untuk bantu kita menjaga jembatan ini supaya akses mereka tidak lagi terhambat," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/20/214717578/jembatan-kloposawit-yang-putus-diterjang-banjir-lahar-semeru-sudah-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke