Salin Artikel

Polisi Bangkalan Pakai Kostum Robocop Tegur Pengendara yang Melanggar

BANGKALAN, KOMPAS.com - Anggota Satuan Lalulintas Polres Bangkalan, Jawa Timur, memiliki cara unik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat saat berlalulintas.

Polisi menggunakan kostum Robocop di jalan raya untuk memberikan teguran bagi pelanggar lalu lintas.

Kepala Kesatuan Lalulintas Polres Bangkalan, Ajun Komisaris Polisi Grandika Indera Waspada mengatakan, penggunaan kostum Robocop sebagai upaya preventif dari petugas untuk masyarakat.

Sebab, hingga saat ini tingkat kesadaran masyarakat untuk menggunakan helm saat berkendara masih cukup rendah.

"Masih banyak pengendara yang tidak menggunakan helm. Untuk itu kami lakukan upaya preventif melalui kostum Robocop," ujarnya, Selasa (19/9/2023).

Penggunaan kostum Robocop sendiri dipilih sebagai langkah pendekatan secara humanis terhadap masyarakat. Masyarakat tidak takut saat bertemu dengan polisi.

"Untuk pelanggaran yang kecil kami berikan teguran. Memang tidak ditilang namun sebagai gantinya, teguran itu juga nanti masuk dan dilaporkan ke Polda. Jadi orang tidak takut jika pendekatannya hiburan," tambahnya.

Ia berharap, dengan adanya upaya tersebut, kesadaran masyarakat untuk berlalu lintas lebih tinggi.

Dengan demikian, angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas di Bangkalan terus menurun.

"Kami berharap masyarakat lebih patuh berlalu lintas untuk keselamatan dirinya sendiri dan juga oranglain," pungkasnya.

Salah satu pengendara asal Kecamatan Burneh, Bangkalan, Abdurrahem mengapresiasi ide Polres Bangkalan dengan berkostum Robocop.

Menurutnya, sosialisasi aturan lalu lintas tidak sepenuhnya dilakukan dengan cara resmi dan serius. Justru cara baru yang dilakukan Polres Bangkalan lebih mudah ditangkap masyarakat.

“Era sekarang harus kreatif untuk komunikasi dengan masyarakat. Kostum ala Robocop itu selain bermanfaat untuk kesadaran hukum, juga ada hiburannya,” kata Abdur.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/20/060646078/polisi-bangkalan-pakai-kostum-robocop-tegur-pengendara-yang-melanggar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke