Salin Artikel

Cak Imin Tanggapi soal Jokowi Pegang Data Parpol

"Sebagai presiden tentu memiliki informasi, laporan yang lengkap tentang orientasi, arah dan kebijakan partai," kata Cak Imin, usai memberikan orasi ilmiah dalam wisuda di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), di Grha Unesa, Senin (18/9/2023).

Cak Imin mengatakan, Jokowi sebagai Presiden RI memiliki kewajiban untuk mengetahui informasi setiap partai politik untuk menjaga berlangsungnya proses demokrasi.

"Tentu sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan menjadi bagian dari kewajiban, supaya proses demokrasi ini terjaga," jelasnya.

Meski demikian, menurut Cak Imin, Jokowi sama sekali tidak mempengaruhi arah politik para partai. Terutama arah setiap koalisi yang bertarung dalam Pilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Berkali-kali Pak Presiden menyampaikan, semua arah koalisi adalah hak partai. Presiden menghormati serta memberikan keluasaan," ucapnya.

"Amin (Anies Baswedan-Muhaimin) akan terus bekerja merebut hati rakyat, menyampaikan ide, gagasan dan rencana buat indonesia 2024," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku memegang data dan arah partai politik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.



Hal ini ia sampaikan di hadapan relawan pendukungnya saat membuka Rapat Kerja Nasional Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di Hotel Salak, Bogor, Sabtu (16/9/2023).



"Saya tahu dalamnya partai seperti apa saya tahu, partai-partai seperti apa saya tahu. Ingin mereka menuju ke mana juga saya ngerti," kata Jokowi, Sabtu, dikutip dari YouTube Kompas TV.

Jokowi tidak membeberkan informasi apa yang ia ketahui dari partai-partai politik itu.

Ia hanya menjelaskan bahwa informasi itu ia dapat dari aparat intelijen yang berada di bawah kendalinya, baik itu Badan Intelijen Negara (BIN), Polri, maupun Tentara Nasional Indonesia (TNI).



"Dan informasi-informasi di luar itu, angka, data, survei, semuanya ada, dan itu hanya miliknya presiden karena dia langsung ke saya," ujar Jokowi.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/18/152353078/cak-imin-tanggapi-soal-jokowi-pegang-data-parpol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke