Salin Artikel

Polisi Surabaya Sita 110 Motor dalam Operasi Zebra Dini Hari

SURABAYA, KOMPAS.com - Total ada sebanyak 110 sepeda motor disita dalam Operasi Zebra Semeru 2023 Surabaya yang digelar, Minggu (17/9/2023) dini hari. Mayoritas para pelanggar masih berusia di bawah umur.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman mengatakan, operasi tersebut diikuti 210 personel gabungan, dari polisi, TNI, serta relawan. Mereka melakukan razia di sejumlah titik.

Dalam operasi itu, kata Arif, petugas menghentikan ratusan sepeda motor yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan, menggunakan knalpot brong, dan tidak sesuai spesifikasi.

"Dalam kegiatan ini kami tidak menemukan benda mencurigakan atau yang melawan hukum," kata Arif, ketika dikonfirmasi melalui pesan.

Arif mengungkapkan, dari 110 sepeda motor yang diamankan, 50 kendaraan di antaranya disita dari para pemuda yang hendak menggelar balapan liar, di sejumlah titik Surabaya.

"Kami temukan rombongan pengendara yang diduga hendak balap liar di Jalan Ahmad Yani dan Adityawarman," jelasnya.

Puluhan pemuda di bawah umur tersebut diminta mengambil sepeda motornya dengan ditemani orangtua. Hal tersebut untuk menimbulkan efek jera agar tidak mengulangi tindakannya.

"Seluruh kendaraan kami sita dan kami amankan ke Mapolrestabes Surabaya. Kami akan hadirkan orangtua dan berkoordinasi dengan pihak sekolah mereka," ucapnya.

Selain itu, Arif berharap agar para orang tua dan pihak sekolah memperhatikan kegiatan anaknya saat malam hari. Sebab, banyak korban jiwa yang ditumbulkan akibat balapan liar di jalanan.

"Ini sebagai penutupan Operasi Zebra Semeru 2023, namun bukan berarti kegiatan akan berhenti. Kami terus lakukan kegiatan yang sama untuk menjaga Surabaya tetap aman dan kondusif," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/18/063719078/polisi-surabaya-sita-110-motor-dalam-operasi-zebra-dini-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke