Salin Artikel

Anaknya Buta akibat Dicolok Teman Sekolah, Samsul Mencari Keadilan...

KOMPAS.com - Samsul Arif (36) bersama istrinya mencari keadilan atas kejadian yang menimpa putrinya berinisial SAH (8).

Mata kanan siswi sekolah dasar (SD) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu mengalami kebutaan gara-gara dicolok tusuk bakso oleh teman sekolahnya pada 7 Agustus 2023.

Pelaku diduga adalah kakak kelas korban. Menurut Samsul, SAH tak mengetahui nama orang yang mencoloknya, tetapi korban ingat wajah terduga pelaku.

Usai kejadian tersebut, Samsul bersama istri mendatangi sekolah SAH. Mereka bermaksud meminta pihak sekolah menunjukkan rekaman CCTV agar pelaku dapat terungkap.

"Saya sudah minta tolong pihak sekolah untuk menunjukkan kamera CCTV, tapi tidak boleh. Padahal saya ingin tahu siapa pelakunya," ujarnya, Jumat (15/9/2023).

Orangtua korban pun sudah melaporkan kejadian yang dialami anak sulungnya ke polisi.

"Semoga polisi dapat mengungkap kejadian yang sebenarnya, sekaligus dapat menunjukkan kepada kami siapa pelaku yang telah menusuk mata kanan anak saya," ucapnya.

Terduga pelaku lantas menarik SAH ke lorong sekolah. Di sana, siswa itu diduga meminta uang SAH secara paksa. Namun, korban enggan memberikan uangnya.

Diduga karena kesal, siswa tersebut mencolok mata kanan korban memakai tusuk bakso.

"Mata kanannya kalau dilihat seperti normal, tapi sebenarnya tidak bisa melihat, akibat ditusuk sunduk pentol (tusuk bakso)," ungkap Samsul.

Menindaklanjuti kejadian dan laporan orangtua korban, polisi mendatangi sekolah SAH di SD Negeri 236 Gresik.

"Anggota masih mendatangi sekolahan dan memeriksa TKP (tempat kejadian perkara). Kemarin, sudah ada empat saksi yang diperiksa," tutur Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Gresik AKP Aldhino Prima Wirdhan, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat, polisi akan memanggil guru di sekolah SAH untuk dimintai keterangan.

"Kami akan memanggil guru untuk dilakukan pemeriksaan sebagai saksi. Nanti akan kami kabari perkembangan selanjutnya," jelasnya.

Jalani mediasi

Sementara itu, Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Gresik Chamdan Faruq menuturkan, kepala sekolah SAH dan perwakilan Dinas Pendidikan Gresik sempat melakukan mediasi dengan orangtua korban.

Mediasi yang digelar di sekolah SAH ini juga melibatkan pihak kepolisian.

"Kami dari Dinas Pendidikan, sifatnya ini sudah coba memediasi. Selanjutnya kami menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada polisi untuk ditangani, supaya menjadi klir, jelas, terang, apa sesungguhnya yang terjadi," terangnya, Sabtu.

Ketika awak media berusaha meminta tanggapan kepala sekolah terkait kasus ini, Umy Latifah selaku Kepala UPT SD Negeri 236 Gresik enggan berkomentar.

"Saya punya hak untuk tidak menjawab," sebutnya, Sabtu.

Gara-gara mata kanannya dicolok tusuk bakso, SAH kini menghadapi kendala dalam membaca dan mengaji. Di samping itu, menurut keterangan ayah korban, SAH juga mengalami trauma.

Berdasarkan pemeriksaan medis, ada bagian syaraf mata korban yang tidak berfungsi akibat kejadian tersebut.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Hamzah Arfah | Editor: Farid Assifa, Khairina, Robertus Belarminus)

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/17/183000278/anaknya-buta-akibat-dicolok-teman-sekolah-samsul-mencari-keadilan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke